Rabu, 27 Okt 2021 05:00 WIB

Suami Ikut Mual-BB Naik saat Istri Hamil, Pertanda Apa?

Syifa Aulia - detikHealth
Positive pregnancy test Foto: Getty Images/iStockphoto/MJ Breiva Photography
Jakarta -

Saat istri sedang hamil, suami kemungkinan ikut mengalami gejala kehamilan seperti mual, muntah, gangguan tidur hingga berat badan naik. Kondisi itu disebut sebagai kehamilan simpatik.

Dikutip dari Baby Center, penelitian mengatakan kondisi tersebut umum dialami oleh pria. Namun, butuh penelitian lebih lanjut untuk mengetahui penyebab detailnya.

Menurut Robin Elise Weiss, PhD, MPH, penulis buku The Everything Pregnancy Fitness Book, sejumlah pria rentan mengalami kehamilan simpatik. Terutama bagi yang sebelumnya merasakan sulit memiliki anak.

"Terkadang, pasangan suami istri yang mengalami ini bahkan tidak menyadarinya. Mereka menganggap itu semua normal atau berpikir bahwa itu tidak berhubungan dengan kehamilan sama sekali," kata Weiss, dikutip darii Very Well Family.

Gejala kehamilan simpatik secara umum terjadi pada trimester pertama, kemudian gejala itu sering dirasakan pada trimester ketiga.

Penyebab kehamilan simpatik

Norman Duerbeck, dokter kandungan di San Diego, mengatakan kehamilan simpatik data disebabkan karena stres dan empati yang dirasakan sang suami.

Kebanyakan suami mengalami stres karena khawatir terhadap kondisi kesehatan istri dan finansial. Rasa empati kemudian muncul sehingga memicu gejala kehamilan simpatik.

"Pada kasus umum, suami yang empati bisa merasakan kram saat istrinya mengalami pendarahan ketika hamil," ujar Duerbeck.

Bagaimana cara mengatasi kehamilan simpatik?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)