Rabu, 27 Okt 2021 10:42 WIB

Kerabat Ungkap Dorce Gamalama Idap Demensia Alzheimer, Bisa Sembuh?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Dorce Gamalama dan Ruben Onsu Dorce Gamalama. (Foto: Instagram Ruben Onsu)
Jakarta -

Dorce Gamalama kembali dilarikan ke rumah sakit. Kondisinya mendadak drop saat menghadiri kegiatan amal.

Kerabat Dorce, Hetty Sunjaya, mengatakan selain mengidap hipoglikemia, selebriti berusia 58 tahun ini juga sakit Alzheimer.

"Demensia alzheimer, bunda itu diserang demensia alzheimer. Jadi sedikit kadang lupa. Kalau kita tanya jawabnya nggak sinkron," kata Hetty Sunjaya saat ditemui di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (26/10/2021).

Alzheimer adalah jenis demensia yang memengaruhi memori, pikiran, dan perilaku. Gejala akhirnya bisa cukup parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia, istilah umum untuk kehilangan ingatan dan kemampuan kognitif lainnya yang cukup serius untuk mengganggu kehidupan sehari-hari. Penyakit Alzheimer menyumbang 60-80% dari kasus demensia.

Penyebab Alzheimer

Dikutip dari laman Alzheimer's Association, penyebab pasti penyakit Alzheimer belum sepenuhnya dipahami, meskipun beberapa hal dianggap meningkatkan risiko terkena kondisi tersebut.

Alzheimer adalah penyakit progresif, di mana gejala demensia secara bertahap memburuk selama beberapa tahun. Pada tahap awal, kehilangan memori ringan, tetapi dengan Alzheimer tahap akhir, individu kehilangan kemampuan untuk melakukan percakapan dan merespons.

Bisakah penyakit ini disembuhkan? Selengkapnya di laman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Waspada! Bahaya Kontaminasi Mikroplastik Pada Galon Sekali Pakai"
[Gambas:Video 20detik]