Rabu, 27 Okt 2021 11:00 WIB

Akhirnya! RI Nihil Zona Oranye, Kab/Kota di Zona 'Bebas' COVID-19 Nambah Terus

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Lonjakan kasus COVID-19 di Tanah Air dinilai sebagai tanda Indonesia kini tengah hadapi gelombang kedua Corona. Akibat hal itu, zona merah pun bertambah. Zona merah COVID-19 dan zona oranye nihil, daftar kab/kota masuk zona hijau terus bertambah. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Akhirnya Indonesia tidak hanya bebas dari zona merah COVID-19. Berdasarkan data Satgas COVID-19 per 24 Oktober 2021, Indonesia juga terbebas dari zona oranye atau risiko sedang COVID-19.

Kabar baiknya, kabupaten dan kota yang masuk zona hijau COVID-19 terus bertambah. Total kini ada 10 wilayah Indonesia yang masuk zona 'bebas' COVID-19.

Adapun 10 kabupaten dan kota tersebut meliputi:

Sumatera Selatan

1. Musi Banyuasin

Sulawesi Tenggara

2. Buton Tengah

Papua Barat

3. Raja Ampat
4. Pegunungan Arfak

Papua

5. Dogiyai

Maluku

6. Seram Bagian Timur
7. Kota Tual
8. Buru Selatan

Bengkulu

9. Kaur
10. Lebong

Sisanya, 504 kabupaten dan kota, termasuk Jabodetabek, berada di wilayah risiko rendah. Artinya, penularan COVID-19 di wilayah tersebut kecil.

Dalam laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per 19 Oktober 2021, angka positivity rate Corona Indonesia selama sebulan terakhir di bawah 2 persen.

"Sejak pertengahan Mei 2021, angka testing lebih dari 1 per 1.000 populasi per minggu dapat dipertahankan. Dalam lima minggu terakhir, angkanya lebih dari 4 per 1.000 penduduk per minggu," tulis WHO.

"Sangat penting untuk memastikan kelanjutan dari strategi pengujian yang ketat untuk mengidentifikasi kasus COVID-19 dengan cepat di antara kasus yang dicurigai dan kontak dekat. Selain itu, penting untuk melakukan analisis terpisah dari tingkat pengujian berdasarkan tujuan pengujian," sambung laporan tersebut.

Tonton juga tayangan e-Life yang mengupas kenapa pria tega memaksa pasangannya aborsi di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]



(naf/kna)