Kamis, 28 Okt 2021 21:43 WIB

Wajib Waspada, Ini Tanda-tanda Stroke yang Kerap Terabaikan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Close up hand of elderly patient with intravenous catheter for injection plug in hand during lying in hospital ward room Ilustrasi. Foto: iStock
Jakarta -

Penyakit stroke tak cuma menyerang usia lanjut, generasi muda pun banyak yang mengalaminya. Jika tidak ditangani secepatnya, kondisi ini pastinya bisa berbahaya bagi yang mengidapnya.

Dahulu, penyakit ini identik dengan usia tua. Namun sekarang, kelompok usia di bawah 60 tahun pun bisa berpotensi mengalami penyakit stroke.

Lalu, apa saja tanda yang muncul jika seseorang terkena stroke?

Umumnya, tanda atau gejala pada seseorang yang mengalami stroke bisa bervariasi. Namun, salah satu yang bisa digaris besar adalah stroke ini sering terjadi secara tiba-tiba.

Menurut Dr dr Dodik Tugasworo, SpS(K), dari PP PERDOSSI (Perhimpunan Dokter Saraf Seluruh Indonesia), salah satu tanda yang harus diperhatikan adalah kondisi yang muncul secara tiba-tiba. Keluhan apapun yang muncul mendadak, harus diwaspadai sebagai tanda dari stroke.

"Jadi, setiap kali ada hal yang tadinya ada menjadi tidak ada, misalkan orang yang tadinya bisa bergerak dan bisa ngomong tiba-tiba dia tidak bisa menemukan kata-kata," jelas dr Dodik dalam agenda temu media daring, Kamis (28/10/2021).

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ragam Mitos Soal Stroke"
[Gambas:Video 20detik]