CDC AS Tetapkan RI Level 1 COVID-19, Menkes: Alhamdulillah

ADVERTISEMENT

CDC AS Tetapkan RI Level 1 COVID-19, Menkes: Alhamdulillah

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sabtu, 30 Okt 2021 13:42 WIB
Jakarta -

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menempatkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat risiko COVID-19 yang rendah. CDC memberikan Indonesia Level 1.

Melihat perkembangan ini membuat Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin merasa bersyukur. Hal ini terlihat dari postingan Instagram Story miliknya yang diunggah baru-baru ini.

"CDC US put Indonesia to Level 1 Country Amid Better COVID-19 Control, Alhamdulillah," tutur akun Instagram @siddikbadrudin yang direpost Menkes Budi (@budigsadikin) yang dilihat detikcom, Sabtu (30/10/2021).

CDC menetapkan Indonesia dalam daftar negara Level 1 COVID-19.CDC menetapkan Indonesia dalam daftar negara Level 1 COVID-19. Foto: Tangkapan layar Instagram stories/ @budigsadikin

Sebenarnya apa sih Level 1 itu?

Dikutip dari laman resmi CDC, Level 1 memiliki arti bahwa negara tersebut telah berada di posisi rendah untuk penularan COVID-19. Dengan begitu, warga AS sudah bisa bepergian ke Indonesia, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan sudah divaksinasi lengkap.

"Wisatawan harus mengikuti rekomendasi atau persyaratan di Indonesia, termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak 2 meter (6 kaki) dari orang lain," tulis CDC.

Selain itu, menurut CDC, pelancong yang sudah divaksinasi lengkap lebih kecil kemungkinannya untuk terpapar atau menyebarkan virus COVID-19. Tak hanya itu, CDC juga menyarankan agar para wisatawan tetap mengikuti persyaratan yang berlaku di negara tujuan, misalnya memakai masker, karantina, tes dan menunjukkan bukti vaksinasi.

Selain Indonesia, masih banyak negara yang juga masuk Level 1. Klik ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT