Senin, 01 Nov 2021 15:28 WIB

Sinergi BPJS Kesehatan-Good Doctor Tingkatkan Layanan Peserta JKN-KIS

Erika Dyah - detikHealth
BPJS Kesehatan Foto: BPJS Kesehatan
Jakarta -

BPJS Kesehatan menandatangani nota kesepahaman dengan PT Good Doctor Technology secara virtual hari ini. Melalui kerja sama ini, keduanya siap bersinergi dalam ruang lingkup pemberian komunikasi, informasi, dan edukasi Program JKN-KIS oleh PT Good Doctor Technology Indonesia kepada masyarakat melalui aplikasi Good Doctor.

"Kami menyadari bahwa kolaborasi dengan PT Good Doctor Technology Indonesia merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan BPJS Kesehatan kepada peserta. Aplikasi Good Doctor dapat mempublikasikan informasi dan menyediakan layanan edukasi bagi peserta JKN-KIS yang mengakses aplikasi tersebut," kata Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, David Bangun dalam keterangan tertulis, Senin (1/11/2021).

Menurut David, peningkatan kualitas layanan kepada peserta menjadi prioritas BPJS Kesehatan saat ini. Baik layanan terkait administrasi, cara pendaftaran, cara mendapatkan informasi mengenai hak, kewajiban, dan prosedur, hingga layanan di fasilitas kesehatan.

Ia mengatakan penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan titik awal untuk bersama mengembangkan layanan kesehatan mengikuti kebutuhan masyarakat di era digital.

"Semoga penandatanganan nota kesepahaman ini bisa dikembangkan lagi. Terlebih, BPJS Kesehatan dan PT Good Doctor Technology Indonesia memiliki tujuan yang sama yaitu membuka akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat luas," ujar David.

"BPJS Kesehatan memberikan akses pelayanan kesehatan melalui jaminan pembiayaan kesehatan dan tidak menutup kemungkinan ke depannya Good Doctor bisa menyediakan layanan kesehatan berbasis online melalui telemedicine," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur PT Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana mengungkap pihaknya siap ikut berperan dalam meningkatkan akses pelayanan kepada masyarakat, termasuk JKN-KIS, terutama di masa pandemi COVID-19.

Ia juga mengapresiasi BPJS Kesehatan yang dinilai sangat konsisten memberikan pelayanan kesehatan terpadu dan semakin baik dari waktu ke waktu.

"Terima kasih atas kepercayaan BPJS Kesehatan yang telah melibatkan kami dalam memberikan informasi dan edukasi sebagai tahap awal kerja sama kita. Aplikasi Good Doctor menyediakan layanan telemedicine yang memungkinkan masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan melalui konsultasi secara daring dengan dokter," pungkas Danu.

Danu pun berharap pihaknya bisa berkontribusi lebih banyak ke depannya dalam memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat.



Simak Video "Menkes Budi: Deteksi Dini Penyakit Kronis Akan Ditanggung JKN"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)