Selasa, 02 Nov 2021 11:02 WIB

Viral Makan Biji Pepaya untuk Bersihkan Cacing dari Tubuh, Ini Faktanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Biji pepaya dipercaya bisa mengeluarkan cacing parasit. Foto: Tangkapan layar/TikTok
Jakarta -

Di media sosial TikTok ramai beredar video netizen mengonsumsi biji pepaya. Alasannya biji pepaya disebut bisa jadi obat untuk mengeluarkan cacing parasit dari dalam tubuh.

Dalam beberapa video, tampak netizen mengonsumsi biji pepaya dengan cara langsung menelannya setelah diambil dari dalam buah.

"Awalnya saya merasa baik-baik saja, tapi tiba-tiba perut terasa sakit. Saya langsung ke kamar mandi dan sisanya bisa dibayangkan sendiri," komentar seorang pengguna TikTok yang mengaku mencoba mengonsumsi biji pepaya.

Benarkah biji pepaya bisa mengeluarkan cacing parasit dari dalam tubuh?

Ahli kesehatan pencernaan dr Kaveh Hajifathalian dari Rutgers New Jersey Medical School mengatakan tren ini bisa dilacak ke sebuah studi yang dilakukan pada 60 anak di Nigeria. Dalam studi yang dipublikasi di Journal of Medicinal Food, anak yang mengonsumsi biji pepaya disebut bisa lebih banyak mengeluarkan parasit saat buang air besar.

Hanya saja menurut dr Kaveh studi masih dalam tahap awal dan dalam skala kecil sehingga belum bisa ditarik kesimpulan. Sementara itu, mengonsumsi biji pepaya terlalu banyak diketahui bisa memicu masalah pencernaan.

Hal serupa juga diungkapkan oleh ahli nutrisi Gina Keatley dari Keatley MNT yang berbasis di New York, Amerika Serikat. Orang-orang memang bisa mengonsumsi biji pepaya, tapi manfaat nutrisinya disebut sangat minim.

"Tidak ada nutrisi apapun yang diserap saat menelan biji pepaya utuh, selain serat yang tidak larut," pungkas Gina seperti dikutip dari Health pada Selasa (2/11/2021).



Simak Video "Viral Konten TikTok Dokter soal Pasien Minta Aborsi yang Dinilai Julid"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)