Rabu, 03 Nov 2021 11:32 WIB

Konten Viral Salam dari Binjai Ramai Ditiru, Awas Ini Bahayanya untuk Tangan!

Firdaus Anwar - detikHealth
Screenshot video Salam dari Binjai (dok. Istimewa) Foto: Screenshot video 'Salam dari Binjai' (dok. Istimewa)
Jakarta -

Video berjudul salam dari Binjai jadi perbincangan setelah viral di media sosial dan ramai ditiru orang-orang. Di dalam video tampak seorang pria memukuli pohon pisang dengan tangan kosong sampai roboh.

Salam dari Binjai kemudian menjadi sebuah tren dengan sebagian orang ikut mencoba memukuli pohon. Di antara video yang beredar ada yang mengalami cedera bahkan sampai tangannya patah.

Ahli bedah tulang dr Oryza Satria, SpOT(K), dari RSUP Fatmawati menjelaskan sembarangan memukul objek tanpa teknik yang tepat memang dapat menimbulkan fraktur. Cedera disebut sebagai boxer's fracture karena umum terjadi pada petinju.

Hal ini terjadi karena saat seseorang memukul sesuatu, tulang telapak tangan (metakarpal) akan menerima benturan dan bisa patah pada bagian ujungnya.

"Yang paling sering ditemui di praktik saya adalah patah tulang pada knuckle kelingking, atau disebut boxer's fracture. Patah jenis ini juga dapat dialami oleh atlet profesional sekalipun," kata dr Satria saat dihubungi detikcom pada Rabu (3/11/2021).

"Cedera lain yang bisa terjadi adalah patah pada bagian tulang lain di tangan dan pergelangan tangan. Selain patah, dapat juga terjadi cedera ligamen atau struktur jaringan lunak yang menghubungkan antar tulang," lanjutnya menjelaskan risiko ikut-ikutan tren video salam dari Binjai.



Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)