Rabu, 03 Nov 2021 12:45 WIB

Pesinetron Hanna Kirana Meninggal, Ini Tips Cegah Penyakit Jantung

Jauh Hari Wawan S - detikHealth
Hanna Kirana adalah pengganti Lea Ciarachel di sinetron Suara Hati: Zahra Hanna Kirana meninggal, disebut karena gagal jantung (Foto: dok. Instagram Hanna Kirana)
Jakarta -

Pesinetron belia Hanna Kirana meninggal dunia, Selasa (2/11/2021). Berdasarkan informasi dari asisten pribadinya, Icha, Hanna Kirana meninggal dunia akibat gagal jantung.

Dokter Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr Humaera Elphananing Tyas, mengatakan gagal jantung adalah sebuah penyakit di mana organ jantung tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh sebagaimana mestinya atau seperti kondisi normal. Dikatakannya, untuk mengenali bahwa penyakit yang dialami itu adalah gagal jantung, maka tidak bisa dengan hanya berdasarkan satu gejala saja.

"Tidak bisa ujug-ujug (tiba-tiba), orang dengan keluhan sesak sama bengkak pada kaki belum bisa dikatakan mengalami gagal jantung," tutur Dokter Humaera dikutip dari laman resmi UGM, Rabu (3/11/2021).

Gejala-gejala gagal jantung umumnya seperti:

  • sesak napas
  • kaki bengkak
  • perut kembung
  • kondisi mudah merasakan kelelahan.

dr Humaera menambahkan bahwa gejala tersebut pun belum cukup untuk memvonis bahwa pasien menderita gagal jantung.

"Masih perlu pemeriksaan fisik dan penunjang lebih lanjut, seperti pemeriksaan irama jantung, pemeriksaan bentuk dan kondisi jantung dan paru-paru, serta pemeriksaan kinerja jantung," jelasnya.

"Gagal jantung sesungguhnya adalah penyakit komplikasi dari penyakit jantung," tambahnya.

Lalu apa tips untuk mencegah penyakit gagal jantung itu?

Simak video 'Pesinetron Hanna Kirana Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2