Rabu, 03 Nov 2021 15:29 WIB

Hanna Kirana Alami Gagal Napas Sebelum Meninggal, Apa Kaitannya dengan Jantung?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Aktris Hanna Kirana meninggal dunia diduga karena gagal jantung. Sebelum meninggal, Hanna sempat dilarikan ke rumah sakit.

Erlina Oktarini, sang bunda, mengatakan sebelum meninggal Hanna menjalani aktivitas seperti biasa. Namun memang ia sempat mengeluh dada sakit dan tangan gemetar.

"Pas kemarin itu pas ke dokter itu siang, tangannya itu udah membiru, saya bawa ke RS PMI Bogor, diperiksa hasil labnya ternyata ada flek di paru-parunya," jelas sang bunda.

Ketika seseorang mengalami gagal napas akut, pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida di paru-paru tidak terjadi. Akibatnya, oksigen tidak dapat mencapai jantung, otak, atau bagian tubuh lainnya.

Dikutip dari Medical News Today, kondisi ini dapat menyebabkan gejala seperti sesak napas, warna kebiruan di wajah dan bibir, dan kebingungan.

Gagal napas akan selalu menyebabkan henti jantung jika tidak ada tindakan yang dilakukan untuk mengobatinya. Ketika pasien mengalami henti napas, dua hal terjadi:

- Karbon dioksida tidak dikeluarkan dengan benar dari aliran darah, menyebabkan penumpukan asam karbonat. Kelebihan asam dapat menyebabkan masalah pada otak dan jantung.

- Kadar oksigen dalam aliran darah akan berkurang. Kekurangan oksigen juga akan menyebabkan masalah pada otak dan jantung.

Jika seseorang memiliki riwayat masalah paru-paru dan dirawat di rumah sakit, mereka harus berbicara dengan dokter tentang cara untuk meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.

(kna/up)