ADVERTISEMENT

Minggu, 07 Nov 2021 19:57 WIB

Mie Shirataki, Alternatif Ideal untuk Diabetesi

Erika Dyah - detikHealth
Mie Shirataki Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Banyak orang bilang, diabetesi atau penderita diabetes sebaiknya pantang untuk makan mie. Sebab mie mengandung karbohidrat yang tinggi. Benarkah hal ini?

Dalam pengaturan pola makan untuk menjaga gula darah pada diabetesi, asupan karbohidrat memang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, penting bagi para diabetesi untuk memilih sumber, jenis, dan jumlah karbohidrat yang tepat karena karbohidrat dapat berpengaruh langsung terhadap gula darah. Termasuk juga saat mengkonsumsi mie yang tinggi karbohidrat.

Untungnya, ada alternatif mie yang aman untuk diabetesi dan tentunya lebih sehat, yaitu mie shirataki. Mie shirataki tidaklah sama dengan mie pada umumnya yang terbuat dari tepung terigu. Mie shirataki terbuat dari glucomannan yang merupakan sejenis serat pangan dari umbi tanaman konjak. Tanaman konjak sendiri umum ditemukan di daerah Asia Timur, seperti Jepang dan China.

Dalam Bahasa Jepang, nama 'mie shirataki' berarti 'air terjun putih'. Hal ini sesuai dengan struktur mie shirataki yang panjang tipis dengan warna putih transparan (atau kecokelatan). Strukturnya yang unik membuat mie shirataki banyak digunakan pada berbagai hidangan Jepang sejak dahulu.

Mie Shirataki untuk Diabetesi

Salah satu alasan mengapa mie shirataki dikatakan lebih sehat berkaitan dengan kandungan kalorinya yang jauh lebih rendah dibandingkan mie pada umumnya. Mie shirataki memiliki kandungan air yang sangat tinggi, karena terbuat dari glucomannan yang dapat mengikat air dengan sangat baik.

Kandungan air pada mie shirataki bahkan dapat mencapai 97%, sementara sisa 3% dari komposisi mie shirataki adalah serat. Tak heran, kandungan kalori pada mie shirataki pun sangat rendah. Hal ini menjadikan mie shirataki sesuai untuk mereka yang sedang atau perlu membatasi asupan kalori harian, termasuk diabetesi.

Tak hanya rendah kalori, mie shirataki juga tinggi serat, sehingga dapat memberikan manfaat lebih untuk diabetesi. Jurnal ilmiah Bioactive Carbohydrates and Dietary Fibre menunjukkan, kandungan serat glucomannan dari umbi konjak pada mie shirataki berperan memperlambat laju pencernaan dan mencegah kenaikan gula darah secara drastis. Selain itu, serat juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, menjaga kesehatan pencernaan, dan memperlancar buang air besar.

Dengan segala kebaikannya, mie shirataki jelas bisa menjadi alternatif ideal bagi para diabetesi. Kini, tersedia juga Tropicana Slim Shirataki Noodles yang rendah lemak, lebih rendah garam, tinggi serat dan hanya mengandung 100 kalori per saji.

Tak hanya mie shirataki, Tropicana Slim juga meluncurkan Tropicana Slim Shirataki Rice rasa nasi uduk yang lebih rendah lemak, lebih rendah garam, sumber serat, dan hanya mengandung 50 kalori per saji. Sehingga, keduanya cocok untuk diet dan juga aman untuk diabetesi.

Tak perlu khawatir tentang rasa, sebab Tropicana Slim Shirataki Noodles dan Tropicana Slim Shirataki Rice memiliki rasa yang nikmat sehingga dapat bantu mewujudkan pola hidup sehat tanpa perlu mengorbankan kenikmatan rasa.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pemanis Buatan untuk Pengidap Diabetes"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT