Senin, 08 Nov 2021 20:32 WIB

Jangan Kecil Hati, Diabetesi Juga Bisa Makan Enak!

Yudistira Imandiar - detikHealth
Ilustrasi Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta -

Banyak diabetesi yang merasa khawatir tidak lagi dapat mengonsumsi makanan enak. Hal ini tidak lepas dari persepsi bahwa makanan enak pasti tidak sehat dan bisa mengganggu kontrol gula darah.

Ternyata, stigma tersebut tidak tepat! Makanan yang sehat untuk diabetesi juga bisa tetap enak. Apa saja yang perlu diperhatikan agar diabetesi bisa makan nikmat dan tetap sehat?

Porsi Terkontrol dan Bervariasi

Diabetesi disarankan untuk memilih makanan dengan porsi yang lebih kecil dan terkontrol. Seperti dijelaskan National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, kontrol porsi makanan bermanfaat mencegah asupan kalori berlebih yang penting untuk menjaga berat badan. Faktanya, mengacu pada keterangan Diabetes Australia, berat badan berlebih dapat mengganggu kontrol gula darah serta meningkatkan risiko komplikasi penyakit jantung dan stroke.

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases menyarankan diabetes mengkombinasikan makanan kaya nutrisi yang bervariasi dari macam-macam kelompok makanan sayur, buah-buahan, biji-bijan (utamakan bijian utuh seperti gandum utuh, beras merah, atau oat), sumber protein (pilih sumber protein yang rendah lemak jahat seperti ikan dan kacang-kacangan), serta susu rendah atau bebas lemak. Penting juga untuk membatasi asupan gula, garam dan lemak. Terapkan waktu makan yang teratur setiap harinya.

Pilih Produk Ramah Diabetes

Membatasi asupan gula, garam, dan lemak harian juga merupakan hal yang penting diperhatikan oleh diabetesi untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah berbagai macam komplikasi kesehatan. WHO merekomendasikan batasi asupan gula maksimal 25 gram per hari untuk lebih banyak manfaat kesehatan. Sementara itu, Kementerian Kesehatan RI menyatakan asupan garam sebaiknya dibatasi hingga maksimal 5 gram per hari, dan asupan lemak hingga maksimal 67 gram per hari.

National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases menjelaskan membatasi asupan gula, garam, dan lemak dapat dilakukan dengan mengurangi minuman manis yang mengandung gula, membatasi penambahan garam saat memasak, serta mengurangi makanan yang digoreng dan memilih makanan yang ditumis atau dipanggang. Anda tidak perlu khawatir kenikmatan rasa berkurang, kini sudah banyak produk ramah diabetes dengan rasa yang enak dan tetap sehat seperti produk-produk dari Tropicana Slim.

Saat ingin tetap menikmati rasa manis, gunakan pemanis rendah kalori Tropicana Slim sebagai alternatif rasa manis yang lebih sehat. Selain itu, untuk memberi rasa pada makanan sebagai pengganti garam, gunakan kecap asin Tropicana Slim yang rendah gara dan memiliki cita rasa gurih dan nikmat.

Tersedia juga kecap manis Tropicana Slim yang bebas gula dan rendah garam, sehingga cocok untuk diet, diabetes, dan hipertensi. Untuk melengkapi rasa makanan dan camilan favorit, Tropicana Slim Mayonnaise Roasted Sesame dapat memberikan sensasi rasa gurih dari wijen bakar yang nikmat, dan diformulasikan bebas gula serta lebih rendah lemak.

Dengan produk-produk Tropicana Slim yang ramah diabetes, makanan sehat juga bisa memiliki rasa yang enak. Tetap nikmat, tetap sehat dengan Tropicana Slim.

(ads/ads)