Senin, 08 Nov 2021 20:32 WIB

Jaga Gula Darah untuk Kurangi Risiko Komplikasi COVID-19

Jihaan Khoirunnisaa - detikHealth
Ilustrasi Gula Foto: Shutterstock
Jakarta -

Menjaga kestabilan gula darah penting dilakukan diabetesi setiap waktu dan bahkan menjadi lebih penting saat pandemi. Mengapa demikian?

Hindari Komplikasi Diabetes

Tingginya gula darah akibat diabetes dapat menyebabkan gangguan pada berbagai macam organ tubuh, yang kemudian meningkatkan risiko terhadap banyak penyakit berbahaya. Faktanya, International Diabetes Federation menyatakan diabetes berkaitan dengan berbagai macam komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung, gangguan ginjal, kerusakan sistem saraf, dan gangguan penglihatan.

Di sinilah pentingnya kontrol gula darah bagi diabetesi. Data menunjukkan bahwa dengan menjaga kestabilan gula darah dapat bermanfaat menghambat atau mencegah berbagai macam komplikasi diabetes.

Tekan Risiko Komplikasi COVID-19

Diabetesi yang terkena COVID-19 diketahui memiliki risiko tingkat keparahan dan tingkat kematian yang lebih tinggi. Penderita COVID-19 dengan penyakit bawaan diabetes 2.75 kali lebih berisiko mengalami gejala lebih parah, dengan risiko kematian mencapai hampir 2 kali lipat lebih tinggi.

Peningkatan risiko ini bisa terjadi terutama jika gula darah tidak dikontrol. Gula darah yang tidak terkontrol meningkatkan risiko komplikasi diabetes, dan kombinasi keduanya dapat mengganggu kemampuan tubuh melawan infeksi COVID-19 serta memperburuk kondisi. Selain itu, gula darah yang tidak terkontrol dan infeksi virus dapat meningkatkan peradangan yang memperburuk risiko komplikasi.

Jaga Gula Darah

Pola makan sehat merupakan bagian penting dalam penanganan diabetes untuk mengontrol gula darah dan berat badan. Pola makan sehat dapat dilakukan dengan memperbanyak buah dan sayur, memilih sumber protein rendah lemak, memerhatikan porsi makan, serta membatasi asupan gula,garam, dan lemak. Pastikan juga untuk mengombinasikan pola makan sehat dengan rutin berolahraga minimal 150 menit per minggu.

Banyak yang beranggapan pola makan sehat berarti mengonsumsi makanan yang tidak enak dan menghindari rasa manis. Padahal pola makan sehat tidak berarti harus mengorbankan rasa karena kini sudah tersedia berbagai macam pilihan lebih sehat dengan rasa yang tetap enak. Sebagai contoh, saat menginginkan rasa manis, Anda dapat memilih produk pemanis rendah kalori Tropicana Slim Diabtx sebagai alternatif yang lebih sehat dan aman untuk diabetesi. Tropicana Slim Sweetener Diabtx bebas gula dan kalori, serta dilengkapi kromium yang penting untuk mengontrol gula darah sehingga cocok untuk diabetesi.



Simak Video "Awas! Mayoritas Kematian Pasien Corona RI Punya Komorbid Diabetes Melitus"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)