Corona Belum Usai, Inggris dan Polandia Laporkan Wabah Flu Burung

ADVERTISEMENT

Corona Belum Usai, Inggris dan Polandia Laporkan Wabah Flu Burung

Ayunda Septiani - detikHealth
Selasa, 09 Nov 2021 09:33 WIB
Chicken in a coop
Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Pemerintah Inggris melaporkan adanya wabah flu burung dengan jenis virus H5 di sebuah peternakan unggas kecil di wilayah Alcester, Inggris Tengah.

Dikutip dari laman Reuters, Kementerian Pertanian Inggris mengkonfirmasi adanya penemuan wabah flu burung. Rencananya, mereka akan memusnahkan semua unggas di peternakan kecil itu.

Kasus wabah flu burung terjadi kurang dari seminggu setelah Inggris mendeklarasikan zona pencegahan flu burung secara nasional. Deklarasi tersebut memerintahkan setiap peternakan dan para pemilik unggas untuk memperketat tindakan biosekuriti.

Sebelumnya, virus jenis H5N1 ditemukan pada kawanan ayam yang berada di halaman belakang sebuah rumah di kawasan Wales Utara, di Skotlandia Timur dan pusat penyelamatan burung di Inggris Tengah.

Eropa kini disibukkan dengan adanya wabah flu burung dalam beberapa minggu terakhir. Hampir seluruh negara Eropa melaporkan kasus flu burung seperti Prancis, Italia, Jerman, Belanda dan Denmark.

Bahkan di Polandia, melaporkan 650.000 unggas di peternakan terpapar H5N1. Wabah flu burung ini pun menjadi masalah serius karena Polandia merupakan produsen unggas terbesar di Uni Eropa.

Penyakit flu burung ini biasanya diakibatkan oleh migrasi burung liar dari satu negara ke negara lainnya. Kini, wabah flu burung telah menyebar dengan cepat di Eropa dan memicu kekhawatiran pada industri unggas.



Simak Video "China Deteksi Kasus Pertama Flu Burung H3N8 pada Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT