Selasa, 09 Nov 2021 18:00 WIB

Waspada Corona AY.4.2 di Malaysia, Masa Karantina Jadi Diperpanjang Nggak?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Virus Corona Varian Delta Melonjak di RI, Ini Fakta-faktanya Indonesia mewaspadai varian Corona AY.4.2 yang sudah ditemukan di Malaysia. (Foto: Getty Images/loops7)
Jakarta -

Subvarian Delta AY.4.2 yang ditemukan di Malaysia belakangan memicu kekhawatiran peluang masuk Indonesia. Namun, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menegaskan pemerintah sudah menerapkan kebijakan atau aturan ketat untuk syarat perjalanan masuk dan keluar Tanah Air.

Hal ini disebut sejalan dengan surat edaran Satgas No 20 Tahun 2021. Pelaku perjalanan yang masuk Indonesia menjalani pemeriksaan kesehatan berlapis demi mencegah risiko membawa varian baru Corona termasuk kemungkinan masuknya varian 'Delta Plus'.

"Dengan rincian tahapan yang pertama pemeriksaan persyaratan dan skrining kesehatan dasar di pintu kedatangan, kemudian yang kedua adalah melakukan entry test, tes ulang setelah kedatangan di pintu masuk," beber Wiku dalam konferensi pers BNPB, Selasa (9/11/2021)

"Dan yang ketiga adalah melakukan kewajiban karantina yang durasinya dibedakan antara yang sudah divaksinasi lengkap, selama 3 hari, dan yang belum divaksinasi lengkap selama 5 hari," sambung Wiku.

Bagi mereka yang menjalani masa karantina selama 3 hari, dilanjutkan tes ulang kedua setelah kedatangan di hari ketiga sebelum meninggalkan karantina. Sementara bagi yang menjalani karantina selama 5 hari, wajib melakukan tes ulang di hari keempat, sebelum keluar dari karantina.

"Pelaku perjalanan hanya boleh meninggalkan fasilitas karantina jika hasil tes sudah keluar," sambung dia.

Wiku juga menekankan, bagi pelaku perjalanan yang membawa anak-anak tetapi belum divaksinasi, wajib menjalani masa karantina selama 5 hari.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)