Rabu, 10 Nov 2021 18:45 WIB

Delta Plus AY.4.2 Serang Malaysia-Singapura! Waspada, di RI Bisa Muncul Sendiri

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render Foto: Getty Images/BlackJack3D
Jakarta -

Corona 'Delta Plus' AY.4.2 menyerang 42 negara, termasuk Singapura dan Malaysia. Kementerian Kesehatan RI mewanti-wanti kemunculan subvarian Delta AY.4.2 tanpa dibawa pelaku perjalanan.

"Walaupun varian AY.4.2 yang sudah menjadi variant of monitoring dari Badan Kesehatan Inggris belum ditemukan di negara kita, tapi tidak menutup kemungkinan varian AY.4.2 tidak dibawa oleh pelaku perjalanan," sebut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) dr Siti Nadia Tarmizi, beberapa waktu lalu dalam konferensi pers daring.

"Tapi kemungkinan ada mutasi sendiri karena kan kita sudah menemukan varian daripada varian Delta ini sebanyak 23," sambung dia.

dr Nadia menyebut Corona 'Delta Plus' AY.4.2 ini memiliki penularan lebih cepat hingga dikhawatirkan lebih resisten terhadap antibodi pasca vaksinasi COVID-19. Meski begitu, pemerintah menurutnya dipastikan memperketat aturan pintu masuk Indonesia, dengan mewajibkan skrining kesehatan berlapis.

"Nah tentunya kita lihat kalau saat ini sudah ada 42 negara yang melaporkan varian AY.4.2 termasuk Singapura dan Malaysia, iya artinya kalau dari jarak sudah dekat ya dengan Indonesia," beber dr Nadia.dr Nadia menyebut Corona 'Delta Plus' AY.4.2 ini memiliki penularan lebih cepat hingga dikhawatirkan lebih resisten terhadap antibodi pasca vaksinasi COVID-19. Meski begitu, pemerintah menurutnya dipastikan memperketat aturan pintu masuk Indonesia, dengan mewajibkan skrining kesehatan berlapis.

"Dan ini kita ketahui bahwa negara-negara seperti Malaysia dan Singapura ini tentunya kita tahu banyak tenaga kerja Indonesia yang bekerja di dua negara ini, ini menjadi kewaspadaan kita tentunya," lanjutnya.



Simak Video "AY.4.2 Masuk Malaysia, Dokter Tirta: Seharusnya Perpanjang Karantina"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)