Minggu, 14 Nov 2021 07:30 WIB

5 Arti Tangis Bayi, Beda-beda Cara Menenangkannya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Photo of nine month baby crying, isolated Arti tangis bayi dan cara menenangkannya (Foto: Getty Images/iStockphoto/kirza)
Jakarta -

Menangis adalah bagian dari keseharian bayi ketika belum bisa berkomunikasi dengan kata-kata. Lapar, tidak nyaman, atau kepanasan, semua disampaikan lewat tangisan.

Karena bayi belum bisa bicara, kadang-kadang tangis bayi memang susah dipahami. Apa maksud di balik tangisannya, tidak selalu orang tua bisa menangkapnya. Butuh kesabaran ekstra untuk belajar memahaminya.

Meski bisa berbeda-beda pada tiap bayi, beberapa jenis tangisan bisa dianggap mewakili maksud tertentu. Dikutip dari Whattoexpect, bayi cenderung punya tangisan yang ebrbeda untuk mengekspresikan maksud tertentu.

"Bayi berkomunikasi lewat tangisan. Tapi semua tangisan tidak diciptakan sama. Inilah tantangan untuk orang tua dan pengasuh agar dapat mempelajari dan memecahkan kode berbagai jenis tangisan bayi baru lahir," kata Jesil Pazhayampallil dokter anak yang berbasis di New York dikutip dari laman WhattoExpect.

Berikut beberapa jenis tangisan yang kerap ditemui, dikutip dari PetitJourney:

1. "Neh" berarti lapar

Ketika bayi merasa lapar, muncul refleks mengisap dan lidah didorong ke langit-langit mulut. Refleks ini ditandai dengan suara 'neh'. Biasanya, disertai juga dengan gerakan mengisap tangan atau mencari payudara.

Sinyal lain bahwa bayi merasa lapar adalah ketika bayi menangis dengan irama yang intens.

2. "Eh" berati ingin bersendawa

Sendawa disebabkan oleh udara yang terperangkap di dada. Sama seperti orang dewasa, bayi juga merasa tidak nyaman karena hal ini sehingga butuh disendawakan. Selain dengan suara tertentu, isyarat ingin sendawa juga ditunjukkan dengan ekspresi yang sedih, menggeliat, menendang kaki, dan menggoyangkan lengan.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Lewat Bayi Tabung, Pasutri Bisa Pilih Jenis Kelamin Calon Bayi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)