Senin, 15 Nov 2021 10:51 WIB

Nasib PPKM Jawa-Bali Diumumkan Hari Ini, Semua Wilayah Siap Masuk Level 1?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Pandemi COVID-19 DKI Jakarta makin hari makin terkendali. Salah satu indikatornya persentase kasus positif COVID-19 sudah berada di angka 0,9 persen. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Nasib perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali yang dimulai sejak 2 November, akan diumumkan hari ini. Seperti diketahui, banyak wilayah di Jawa-Bali yang sudah memasuki PPKM level 1, dan aktivitas di sejumlah sektor berjalan 100 persen.

Menurut ahli epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman, melihat tren kasus penurunan signifikan di semua daerah, sangat mungkin semua kabupaten/kota Jawa-Bali berada di PPKM level 1. Namun, ia memberikan catatan terkait pelonggaran aturan di level 1.

"Namun ketika penerapan level-nya sudah masuk dalam level 1 hal yang harus diingat dan dimonitor dan diwaspadai dicermati dalam dilakukan dengan bijak seksama oleh kab/kota pusat dan provinsi adalah pelonggaran-pelonggaran ini," beber Dicky kepada detikcom Senin (15/11/2021).

"Tidak boleh hindari yang sifatnya otomatis, oh mentang-mentang level 1 ini sudah bisa 100 persen aktivitas, iya nggak begitu," sambung dia.

Dicky kemudian menyarankan pemerintah untuk melakukan verifikasi terlebih dulu pada sejumlah sektor. Baik dalam kesiapan protokol kesehatan dan manajemen pengawasan masing-masing.

"Karena harusnya idealnya dan saya sangat disarankan ada verifikasi dulu terhadap kesiapan aspek sektor, siap nggak 100 persen dari sisi protokolnya, kesiapan manajemen dan pengelolaannya. Dari sisi kesiapan infrastruktur sarana dan prasarana dan juga dari sisi masyarakat itu sendiri," pesan Dicky.

"Dan ini harusnya kalau dari masyarakat PPKM level 1 seharusnya setidaknya kalau dalam bayangan saya cakupan vaksinasi lengkapnya 70 persen, harusnya begitu," pungkas dia.



Simak Video "PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)