Selasa, 16 Nov 2021 10:01 WIB

Belajar dari Adidas soal Heboh Wayang Kulit, Ini Manfaat Mengakui Kesalahan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Netizen geram kala Adidas menyebut wayang kulit di salah satu desain produk sepatu mereka adalah warisan budaya Malaysia. Karenanya, Adidas resmi menyampaikan permohonan maaf melalui akun Instagram @adidassg pada Rabu (10/11/2021).

"Terima kasih telah menghubungi kami. Sementara wayang kulit adalah bagian penting dari warisan budaya Malaysia, kita seharusnya menyebut asal-usulnya dari Indonesia," beber Adidas.

"Kami dengan tulus meminta maaf atas pelanggaran yang tidak disengaja yang mungkin telah dilakukan, dan sekarang telah mengubah posting-an kami," lanjut mereka.

Dikutip dari Web MD, sebuah penelitian yang dilakukan 2002 silam menunjukkan permohonan maaf bisa memberikan dampak positif bagi pikiran dan tubuh. Peneliti dari Hope College dan Virginia Commonwealth University menganalis detak jantung, tekanan darah, kadar keringat, dan ketegangan otot wajah saat peserta dalam kondisi santai dibandingkan dengan kondisi tengah dalam konflik.

Ketika para peserta membayangkan permintaan maaf yang tulus usai terjadi konflik, detak jantung mereka lebih rendah dan ketegangan pada otot mata dan alis berkurang.

Para peserta juga melaporkan lebih sedikit kemarahan, ketakutan, dan kesedihan, dan lebih banyak kontrol, rasa syukur, hingga empati.

Seperti diketahui, tekanan darah, denyut jantung dan kontraksi otot biasanya meningkat ketika seseorang terlibat konflik, sehingga risiko serangan jantung dan stroke menjadi lebih tinggi. Gejala ini akan mereda ketika konflik berakhir, atau akan lebih cepat jika kedua pihak yang berkonflik saling bermaafan.

Manfaat memaafkan juga tak kalah penting bagi kesehatan. Dikutip dari Mayo Clinic, berikut manfaat memaafkan seseorang.

  • Hubungan yang lebih sehat
  • Peningkatan kesehatan mental
  • Lebih sedikit kecemasan, stres, dan permusuhan
  • Darah rendah
  • Lebih sedikit gejala depresi
  • Sistem kekebalan yang lebih kuat
  • Meningkatkan kesehatan jantung.
(naf/kna)