ADVERTISEMENT

Selasa, 16 Nov 2021 10:24 WIB

Penanganan COVID-19 RI Disebut Lebih Baik dari Malaysia-Singapura

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
DKI Jakarta kini turun menjadi PPKM level 1. Penurunan status itu berarti ada sejumlah aturan yang berubah, salah satunya terkait aturan work from office (WFO). Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pemerintah mengklaim penanganan COVID-19 di Indonesia sudah jauh lebih baik dibandingkan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Kasus COVID-19 di Indonesia diketahui mengalami penurunan dalam tiga bulan terakhir.

"Kalau kita lihat dibandingkan dengan berbagai negara lain, posisi kita relatif lebih baik seperti misalnya dengan kasus per 100 ribu penduduk, Indonesia hanya 1," kata Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers, Senin (15/11/2021).

"Thailand per 100 ribu penduduk 89, Singapura per 100 ribu penduduk 454, Malaysia per 100 ribu penduduk 127, dan Australia 51 kasus per 100 ribu penduduk," lanjutnya.

Parameter yang dipakai adalah dengan melihat jumlah penambahan kasus COVID-19 per 100 ribu penduduk. Singapura dan Malaysia diketahui sedang berjuang mengatasi pandemi terlebih dengan masuknya varian Delta Plus AY.4.2.

Airlangga menambahkan, dengan membaiknya kondisi pandemi di Indonesia, pemerintah akan mengkaji rencana pembukaan perbatasan sebagai bagian dari pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19. Indonesia saat ini sudah mengizinkan sejumlah wisatawan dari negara tertentu masuk ke Bali dan Kepulauan Riau pada September 2021.

"Pak Presiden meminta terkait dengan kunjungan untuk diperhatikan terutama memperhatikan kondisi di berbagai negara lain dan kajian terhadap vaccinated Travel Line (VTL) terus dilakukan. Namun pemerintah terus memonitor tingkat kasus di berbagai negara," ujarnya.



Simak Video "Pascalebaran, Kasus Covid-19 di RI Meningkat Namun..."
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Eureka
×
Bumi di Akhir Zaman
Bumi di Akhir Zaman Selengkapnya