Selasa, 16 Nov 2021 11:35 WIB

Ari Lasso Kini Botak Usai Jalani Kemoterapi, Sakit Apa?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Penyanyi Ari Lasso memberikan kabar terkini mengenai kondisi kesehatannya. Lama tak muncul di publik, Ari Lasso mengunggah dirinya sedang berada di rumah sakit.

"Memberanikan diri posting. Sudak chemo ke3, sudah separuh jalan, bisa menjalani tentu karena penyertaan TUHAN dan doa serta support kalian semua," tulis Ari Lasso dalam unggahannya di Instagram, dilihat detikcom, Selasa (16/11/2021).

Terlihat Ari Lasso memangkas habis rambutnya setelah menjalani kemoterapi. Ari Lasso sakit apa?

Mantan vokalis Dewa 19 ini sempat bercerita dirinya mengidap Diffuse large B-cell lymphoma (DLBCL), salah satu jenis kanker limfoma. Meski kanker limfoma yang menyerang tubuhnya sudah diangkat, Ari masih akan menjalani sejumlah pengobatan. Salah satunya kemoterapi.

"Kalau sudah kanker kan kemungkinan tersebar lewat jaringan darah, di lipatan-lipatan kelenjar itu ada. Jadi minggu depan gua akan menjalani PET scan, di-scanning sampai di mana (kemungkinan kanker)," cerita Ari Lasso dalam YouTube Deddy Corbuzier.

DLBCL adalah salah satu bentuk kanker limfoma non-Hodgkin yang tergolong langka. Penyakit ini harus diobati segera jika tidak ingin terjadi keparahan.

Dikutip dari WebMD, limfoma sel B besar difus, atau DLBCL, adalah kanker yang dimulai pada sel darah putih yang disebut limfosit.

Gejala awal DLBCL sering berupa benjolan di selangkangan, ketiak, atau leher. Ini cenderung tumbuh dengan cepat dan mungkin menyakitkan atau tidak. Pada sekitar 40 persen orang, DLBCL muncul di area lain seperti perut atau usus.

(kna/naf)