Rabu, 17 Nov 2021 13:35 WIB

Amankah RI Buka Vaccinated Travel Lanes Seperti Singapura? Ini Kata Pakar WHO

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kasus COVID-19 di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya DKI, mengalami penurunan. Namun bukan berarti virus Corona sudah hilang karena kita masih berperang melawan COVID-19. Corona di Indonesia. (Foto: PIUS ERLANGGA)
Jakarta -

Pakar epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman menilai Indonesia bisa saja menerapkan program vaccinated travel lanes atau perjalanan bebas karantina, seperti Singapura. Namun, beberapa indikator perlu menjadi penilaian.

Salah satu yang paling penting ialah penilaian cakupan vaksinasi COVID-19. Meski secara keseluruhan Indonesia sudah memvaksinasi lebih dari 40 persen sasaran target, tingkatan cakupan vaksin masih beragam di semua wilayah.

Bahkan, menurut Dicky yang juga sebagai panel ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), vaccinated travel lanes baru bisa diterapkan di beberapa wilayah. Salah satu yang disoroti adalah DKI Jakarta, tentu karena cakupan vaksinnya sudah di atas 100 persen baik dosis pertama dan dosis kedua.

"Jadi untuk kondisi saat ini sebaiknya kita betul kalaupun mau menerapkan itu dipilih, misalnya dengan Bali, dengan wilayah-wilayah di kita yang juga cakupan vaksinasinya di atas 70 persen," beber Dicky saat dihubungi detikcom Rabu (17/11/2021).

"Itu yang paling aman, kalau mau bikin travel bubble, tapi nggak bisa dengan semua wilayah. Kan cakupan itu dengan untuk keamanan, seperti lokasi-lokasi," sambungnya.

Mengacu pada data vaksin.kemkes.go.id per Rabu (17/11/2021), dua provinsi lainnya yang sudah mencapai target vaksinasi dosis kedua melampaui 70 persen adalah Kepulauan Riau 72 persen dan Daerah Istimewa Yogyakarta 81,2 persen.

Meski begitu, penerapan kebijakan tersebut perlu kehati-hatian. Bila kasus COVID-19 kembali naik meski vaksinasi sudah tinggi, Dicky tak merekomendasikan Indonesia menerapkan kebijakan vaccinated travel lanes.

"Syarat idealnya, aturan tanpa karantina ini diberlakukan ketika tidak sedang beredar varian yang dicurigai atau serius," pungkas dia.

Berikut tiga syarat vaccinated travel lanes atau perjalanan bebas karantina menurut Dicky.

  • Penularan COVID-19 berada di level 1 atau 2
  • 60 persen populasi dari penduduk sudah divaksinasi dosis kedua
  • Angka positivity rate di bawah 1 persen dan tingkat reproduksi di bawah 1.



Simak Video "Siapkah Indonesia Hadapi Varian Corona yang Lebih Ganas?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)