Rabu, 17 Nov 2021 16:30 WIB

5 Singa di Singapura Ketahuan Positif COVID-19, Virus Corona Dibawa oleh Hewan?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Close-up of lioness coming from the shadow. Ilustrasi singa. Foto: Getty Images/Zocha_K
Jakarta -

Asal-usul virus Corona masih menjadi pertanyaan besar di dunia. Salah satu dugaan awalnya, virus Corona disebut dibawa oleh hewan. Lantas, bisakah hewan dinyatakan positif COVID-19?

Di samping kabar naiknya COVID-19 Singapura, lima ekor singa di Kebun Binatang Singapura dan Safari Malam Singapura dinyatakan positif COVID-19 pekan lalu. Namun kabar terbaru, dikutip dari The Straits Times, Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung menyatakan kelima ekor singa tersebut telah pulih dan kini dan dalam kondisi baik.

Terkait risiko virus Corona dibawa oleh hewan, kelima singa tersebut ditempatkan jauh dari publik. Sembari pameran hewan ditutup dan singa-singa tersebut dibiarkan beristirahat.

Lewat unggahan di akun Facebook, Ong menyebut hewan-hewan tersebut telah diberikan peningkatan vitamin, suplemen, serta diberi asupan makanan yang baik.

Diketahui pada pekan lalu, empat ekor singa Asia di Safari Malam dan seekor singa Afrika di Kebun Binatang Singapura dinyatakan terinfeksi virus Corona pasca terpapar salah seorang staf yang terinfeksi dari Mandai Wildlife Group.

Dinas Hewan dan Kedokteran Hewan (AVS) menyatakan kelima tersebut sempat menunjukkan gejala-gejala ringan seperti batuk, bersin, dan lesu.

AVS kemudian mengeluarkan perintah berdasarkan Undang-Undang Hewan dan Burung kepada Manda Wildlife Group untuk mengisolasi total sembilan singa Asia dan lima singa Afrika, termasuk lima singa yang sudah terinfeksi virus Corona, di sarangnya masing-masing.

Juru bicara Mandai Wildlife Group menyebut vitamin C ditambahkan ke dalam makanan singa, namun tidak ada tambahan obat lain.

Betulkah virus Corona datangnya dari hewan?

Sebelum muncul kabar hewan bisa terinfeksi COVID-19, ada dugaan bahwa virus Corona bersumber dari hewan seperti kelelawar, ular, trenggiling, hingga cerpelai. Salah satu dugaan yang paling sering disebut-sebut yakni kelelawar.

Pasalnya, berbagai penelitian telah menemukan virus Corona dibawa oleh hewan kelelawar dengan materi genetik yang mirip dengan COVID-19. Diketahui, kelelawar juga merupakan sumber alami virus Corona penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS).



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/fds)