Sabtu, 20 Nov 2021 12:30 WIB

Corona Ngamuk, 4 Negara Eropa 'Lockdown' Warga yang Tidak Vaksin COVID-19

Astika - detikHealth
Virus Corona kembali menggila di sejumlah negara di benua Eropa. Pembatasan pun dilakukan bagi warga yang belum divaksin guna cegah penyebaran COVID-19. Foto: Getty Images/Jens Schlueter
Jakarta -

Tren peningkatan kasus COVID-19 masih terjadi di beberapa negara, meskipun terus diupayakan pencegahan melalui program vaksinasi.

Menghadapi lonjakan kasus tersebut, beberapa negara telah melakukan aturan pembatasan untuk warga yang tidak vaksin. Bahkan pemerintah Austria memberlakukan lockdown bagi warga yang tidak vaksin.

Dikutip dari Euro News, berikut daftar negara yang berlakukan pembatasan hingga lockdown bagi warga yang tidak vaksin:

Austria

Akibat lonjakan kasus COVID-19, Austria memberlakukan lockdown untuk jutaan warganya yang tidak divaksinasi. Kebijakan ini diberlakukan mulai Senin, 15 November 2021.

Austria menjadi negara dengan tingkat infeksi tertinggi di Eropa, yakni insiden kasus 1.049,9 per 100 ribu orang dalam seminggu terakhir dan rekor 15.809 kasus dalam 24 jam terakhir.

Kanselir Austria Alexander Schallenberg mengumumkan dalam konferensi pers bahwa warga yang tidak divaksinasi hanya dapat meninggalkan rumah untuk alasan tertentu, seperti pergi bekerja atau berbelanja bahan kebutuhan pokok.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Karl Nehammer mengatakan akan ada pemeriksaan polisi menyeluruh selama lockdown. Yang kedapatan melanggar bisa didenda hingga 1.450 euro atau sekitar Rp 23 juta, dan semua polisi akan memeriksa status vaksinasi orang.

Jerman

Kasus COVID-19 di Jerman mengalami peningkatan selama berminggu-minggu, bahkan pernah menyentuh angka 65.371 laporan kasus dalam satu hari.

Mengatasi hal tersebut, Jerman akan memberlakukan pembatasan bagi warga yang tidak divaksinasi. Saat ini angka vaksinasi di Jerman sudah di atas 75 persen.

Peraturan ini mengatur hanya warga yang telah divaksinasi dan telah pulih dari infeksi COVID-19 yang boleh mengakses tempat-tempat umum, seperti restoran atau gedung konser.

Yunani

Yunani mengumumkan akan melakukan pembatasan terkait COVID-19 yang bertujuan untuk menekan warganya yang belum divaksinasi.

"Mulai Senin (22/11/2021), semua warga yang tidak divaksinasi tidak boleh memasuki area dalam ruangan, seperti bioskop, teater, museum, atau gym," ungkap Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis, dikutip dari Euro News.

Saat ini dua pertiga warga Yunani telah mendapatkan vaksinasi penuh. Namun ada beberapa daerah seperti di bagian utara yang memiliki tingkat vaksinasi sangat rendah, yakni jauh di bawah 50 persen.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Komunitas Relawan di Shanghai Turun Tangan Bantu Warga yang Karantina"
[Gambas:Video 20detik]