Sabtu, 20 Nov 2021 14:00 WIB

Viral Dokter India Makan Kotoran Sapi, Diklaim Baik untuk Kesehatan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
cow calf in farm ,beautiful view of cow calf,brown young cow calf in india Foto: Getty Images/iStockphoto/Dinesh Ahir
Jakarta -

Seorang dokter asal India memicu kontroversi setelah viral videonya makan kotoran sapi yang ia klaim bermanfaat bagi kesehatan.

Spesialis anak dr Manoj Mittal dari Haryana, India, membagikan video di media sosial sambil memuji manfaat kotoran sapi. Tidak hanya itu, ia juga menikmatinya.

Pengobatan tradisional India telah lama mempromosikan kotoran sapi sebagai obat segala penyakit yang diklaim dapat mencegah kondisi seperti kanker dan COVID-19. Namun paham ini juga ditentang oleh banyak ahli karena tidak memiliki bukti yang berdasar.

Kendati begitu, hal itu sepertinya menjadi pengecualian bagi Manoj Mittal. Sebab dia terlihat sangat menikmati kotoran sapi dan bahkan membagikannya dalam video dan diunggah ke media sosial.

"Lihat, jika kita makan kotoran sapi, maka tubuh dan pikiran kita menjadi murni. Jiwa kita menjadi murni. Begitu memasuki tubuh kita, itu memurnikan tubuh kita." kata dr Manoj Mittal dikutip dari Oddity Central.

Dokter anak itu menambahkan bahwa ibunya biasa berbuka puasa dengan memakan kotoran sapi. Ia juga menyebut wanita yang mengonsumsi kotoran sapi tidak lagi membutuhkan operasi caesar saat melahirkan.

Sikapnya menimbulkan kontroversi publik, sebagian orang memujinya karena memeluk pengobatan tradisional India. Namun, masyarakat lainnya menuduhnya menghindari logika ilmiah sehingga dia bisa menyebarkan kegilaan ini.



Simak Video "Tangani Pasien COVID-19, Dokter di India Memutuskan Bunuh Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)