ADVERTISEMENT

Senin, 22 Nov 2021 15:17 WIB

4 Obat Sakit Punggung dari Bahan Alami, Aman dan Mudah Dicari

Akbar Malik - detikHealth
A Caucasian woman sleeping on her bed Ilustrasi obat sakit punggung dari bahan alami. Foto: iStock
Jakarta -

Sakit punggung sering kali menyiksa dan membuat diri sulit beraktivitas. Siapa saja bisa terserang sakit punggung dan penyebabnya pun beragam. Namun, sebenarnya kita bisa mencegah dengan mengonsumsi obat sakit punggung alami yang bisa didapatkan di dapur rumah.

Meski sakit punggung biasanya butuh tinjauan medis lebih jauh, kita bisa mengonsumsi makanan alami di bawah ini untuk pencegahan. Lebih dari itu, obat sakit punggung alami ini pun bisa digunakan sembari pengobatan lainnya berjalan.

Dikutip dari dari berbagai sumber, berikut empat obat sakit punggung dari bahan alami yang aman dikonsumsi.

1. Kunyit

Kunyit memiliki zat antioksidan, anti rematik, dan anti inflamasi. Dengan demikian, dari kandungan zatnya saja sudah tergambar bahwa kunyit bisa membantu penyembuhan sakit punggung.

Agar kunyit bisa dikonsumsi lebih nikmat, kunyit bisa dipadukan dengan susu hangat. Cara penyajiannya adalah menuangkan setengah sendok teh bubuk kunyit ke dalam susu hangat. Bisa juga Anda tambahkan madu ke dalam ramuan susu kunyit tersebut agar lebih nikmat.

Susu kunyit ini bisa diminum setiap sebelum tidur untuk melancarkan proses anti inflamasi dalam tubuh.

2. Teh jahe

Minuman herbal yang bisa dikonsumsi ketika sakit punggung selanjutnya adalah teh jahe. Lebih khusus, perpaduan teh hijau dengan jahe lebih bagus untuk menahan rasa sakit punggung.

Sudah banyak teh hijau jahe yang dikemas dalam bentuk celup, sehingga Anda tidak akan sulit membuatnya sendiri. Teh hijau jahe yang berfungsi mengurangi peradangan dapat diminum selama sakit punggung terasa.

3. Jus ceri

Ceri adalah buah yang kaya akan antioksidan yang berfungsi sebagai anti inflamasi dalam tubuh. Dengan begitu, jus ceri dapat bermanfaat untuk meredakan nyeri otot.

Dalam kasus sakit punggung, jus ceri bisa dijadikan minuman buah yang menyegarkan lagi berkhasiat untuk proses penyembuhan sakit punggung. Sudah banyak pula toko yang menjual ekstrak jus ceri secara langsung dalam kemasan.

4. Capcaisin

Everyday Health menjelaskan bahwa capcaisin yang merupakan zat pada cabai pedas dapat berguna untuk menghilangkan rasa sakit. Oleh karena itu, capcaisin dapat disertakan dalam konsumsi obat sakit punggung untuk meredakan nyeri.

"Capsaicin bekerja dengan menguras zat P, senyawa yang menyampaikan sensasi nyeri dari perifer ke sistem saraf pusat. Dibutuhkan beberapa hari untuk ini terjadi," kata David Kiefer, MD, asisten profesor klinis kedokteran di Arizona, dikutip dari Everyday Health.



Simak Video "Kebanyakan Duduk Saat WFH Lalu Sakit Punggung, Solusinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(Akbar Malik/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT