Jumat, 26 Nov 2021 07:05 WIB

Bumil Perlu Tahu! Cara Tepat Atasi Mual di Awal Kehamilan

Sponsored - detikHealth
Ilustrasi Kehamilan Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Kebanyakan wanita mengalami mual hingga muntah di trimester pertama kehamilannya. Itulah yang disebut dengan gejala morning sickness.

Melansir American Pregnancy Association, morning sickness adalah perasaan mual yang biasa dialami di awal kehamilan. Biasanya gejala mual terjadi di pagi hari, lalu perlahan menghilang seiring dengan bertambahnya usia kandungan.

Morning sickness adalah hal yang wajar terjadi. Namun terkadang kondisi ini bisa mengganggu aktivitas ibu hamil. Berikut adalah kiat yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala mual dan muntah di pagi hari.

Cara Mengatasi Morning Sickness

Istirahat Cukup dan Hindari Stres

Ibu hamil yang mengalami mual di trimester pertama perlu banyak istirahat. Sebab, kelelahan bisa membuat gejala mual saat hamil semakin parah. Selain itu, lakukan beberapa aktivitas, seperti meditasi atau yoga yang bisa membantu mengatasi stres sehingga bisa mengatasi mual.

Hindari Pemicu Mual

Panca indera ibu hamil biasanya menjadi lebih sensitif. Untuk itu, perlu hati-hati. Sebaiknya hindari hal-hal yang dapat membuat kondisi mual semakin parah, seperti makanan atau bau yang terlalu menyengat.

Pilih Pakaian yang Longgar dan Nyaman

Pakaian yang terlalu ketat bisa menekan perut sehingga menimbulkan rasa mual. Oleh karena itu sebaiknya pilih pakaian yang longgar, terutama di bagian pinggang. Dengan begitu ibu hamil dapat tetap merasa nyaman meski harus beraktivitas seharian.

Minum Banyak Air Putih

Bagi ibu hamil yang sedang mengalami morning sickness, ingatlah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Ini penting agar mencegah risiko dehidrasi, sekaligus mengatasi mual saat hamil. Minum air setidaknya 6 hingga 8 gelas setiap hari.

Makan Makanan yang Sehat

Mual ternyata bisa diatasi dengan cara mengisi perut agar tidak kosong. Untuk itu, pastikan ibu hamil makan dengan teratur. Namun, jangan sampai mengabaikan nutrisinya, ya. Sebaiknya konsumsi makanan sehat yang tinggi protein, rendah lemak, serta mudah dicerna.

Namun, pola makan yang lebih sehat ini terkadang sulit terpenuhi. Mengingat rasa mual yang muncul di pagi hari membuat ibu hamil kehilangan nafsu makan. Padahal selama hamil, ibu perlu nutrisi yang lebih bagi diri dan janin dalam kandungan.

Untuk menyiasatinya, ibu hamil dapat mengonsumsi suplemen tambahan seperti Bundavin. Suplemen Bundavin diberikan jika asupan nutrisi dinilai belum tercukupi dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil sehari-hari. Terutama untuk ibu hamil trimester pertama yang kerap tidak terpenuhi asupan nutrisinya akibat sering mual dan muntah.

Bundavin adalah suplemen multivitamin dan mineral yang diproduksi oleh PT Samco Farma yang bertindak sebagai tambahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, seperti asam folat, zat besi, yodium, serta kalsium. Untuk ibu hamil dan menyusui, Bundavin dapat menjadi tambahan nutrisi untuk menjaga ibu hamil agar tidak kekurangan vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan janin yang dikandungnya.

Ilustrasi KehamilanFoto: Dok. Samco

Saat ini, Bundavin bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-Commerce, seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma, yakni PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative, di nomor 087880779521.

Adapun bagi yang berada di luar Jabodetabek, produk ini bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Hapeel Pharmindo untuk area malang dan sekitarnya, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, dan PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.

Akhirnya, morning sickness kini bisa teratasi. Walau berat, perjuangan Bunda selama kehamilan tentu sebanding dengan kelahiran buah hati nanti. Selamat berjuang dan pastikan kehamilan selalu sehat ya, Bun.

(Content Promotion/Samco)