Kamis, 25 Nov 2021 15:35 WIB

Efek Penyembuhan Falun Gong dari Kacamata Kedokteran Tionghoa

Sponsored - detikHealth
Falun Dafa Foto: Dok. Falun Dafa
Jakarta -

Kesehatan adalah harta yang paling berharga', ini pepatah yang menggambarkan betapa bahagianya kita menjalani hidup bila tubuh kita selalu sehat dan bebas stress dari tekanan pikiran.

Falun Gong (Falun Dafa) adalah suatu cara untuk mengolah jiwa dan raga untuk mencapai kondisi yang bebas penyakit sekaligus menemukan makna sesungguhnya dari kehidupan. Kultivasi raga berupa 5 perangkat latihan gerakan yang menyerupai senam, dan meditasi. Fungsinya untuk membangkitkan energi di dalam tubuh, menyerap energi alam semesta dan memperkuat sistem mekanisme energi di dalam tubuh. Kultivasi jiwa adalah memperbaiki moralitas menuju perilaku sejati (jujur, lurus), baik dan sabar.

Peningkatan dari sisi ini lebih diutamakan karena peningkatan kondisi fisik terkait erat dengan peningkatan watak moralitas seseorang. Setelah pikiran dan jiwa meningkat ke arah yang baik, kondisi tubuh akan mengalami perbaikan, akhirnya tercapai kondisi tubuh bebas penyakit. Karena manfaatnya yang nyata untuk perbaikan kondisi tubuh dan jiwa, hingga kini Falun Dafa telah dilatih di 100 lebih negara.

Hasil Riset Ilmiah

Banyaknya peserta latihan Falun Dafa yang sembuh dari penyakit mengundang ketertarikan para ilmuwan dunia medis untuk menyelidiki dan menelitinya secara ilmiah. Pada tahun 1997, sekelompok ilmuwan dan dokter dari sejumlah rumah sakit di Beijing meneliti 12.731 peserta latihan Falun Dafa, 49.8 persen menderita sedikitnya 3 macam penyakit sebelum berlatih. Setelah berlatih Falun Dafa, efektivitas kesembuhan penyakit mencapai 99.1 persen, dan 58.5 persen mencapai kesembuhan secara total.

Lewat penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di Department Immunology The Scripps Research Institute Amerika Serikat pada bulan April 2000, terbukti bahwa sel darah putih (mekanisme penangkal penyakit pada tubuh) praktisi Falun Dafa lebih unggul dan masa hidupnya lebih panjang dibandingkan mereka yang tidak berlatih. Menurut Prof. Luo Guo Hua dari Departemen Biofisik dan Psikologi Universitas California, saat berlatih Falun Dafa, akan timbul sebuah medan energi di sekeliling badan (dibuktikan dengan Kirlian Photography). Medan itu dapat mengoreksi segala keadaan yang tidak benar. Tubuh manusia seharusnya tidak berpenyakit dan organ-organ berfungsi dengan baik, bila bernyakit, berarti ada sesuatu yang tidak benar (tidak normal).

Falun Dafa Foto: Dok. Falun Dafa

Mengapa Falun Gong mempunyai efektivitas yang sedemikian bagus? Ditilik dari prinsip penyembuhan penyakit kedokteran tradisional Tiongkok, tidaklah sulit untuk memahami fakta ini.

Kedokteran tradisional Tiongkok beranggapan orang bisa sakit dikarenakan 3 hal, yakni faktor dari luar, faktor dari dalam, dan faktor bukan dari luar maupun dalam. Faktor dari luar ialah angin, hawa dingin, hawa panas, lembab, kering, api/panas. Faktor dari dalam ialah 7 Qing (perasaan atau emosi) yakni, gembira, marah, cemas, kepikiran, sedih, takut, dan terkejut. Dan yang termasuk faktor bukan dari luar atau dalam ialah makanan dan kebiasaan gaya hidup.

Kedokteran Tiongkok beranggapan ketika kondisi tubuh seseorang yang tentram dan damai terganggu, maka bakteri dan virus yang berada di dalam tubuh manusia dapat berubah menjadi faktor penyebab penyakit (patogen).

Pemikiran mendasar kedokteran Tiongkok ialah di saat hati dan tubuh Anda berada dalam kondisi tentram dan damai, pada kondisi yang bagus ini, hakikatnya manusia masih bisa hidup berdampingan secara damai dengan bakteri dan virus. Namun, ketika tubuh seseorang mengalami gangguan dari luar oleh angin-dingin-panas-lembab-kering, dan dari dalam hatinya mengalami gangguan dari 7 perasaan dan 6 nafsu, maka kondisi prima dari tubuh manusia tersebut telah dirusak. Saat itu, bakteri dan virus dapat menemukan lingkungan dalam tubuh yang memungkinkannya berkembang biak. Berawal dari sini bakteri dan virus berubah menjadi faktor patogen.

Pengobatan tradisional Tiongkok bukan menangani gejala penyakit yang timbul melainkan benar-benar menyembuhkan manusianya melalui resep herbal yang direbus bersama. Dengan kata lain, pengobatan ini memanfaatkan sifat alami obat herbal (baik dingin, panas, pedas dll) untuk mengoreksi kecenderungan tubuh seseorang. Dengan mengoreksi kondisi internal tubuh yang terganggu, maka faktor penyebab penyakit tidak lagi menemukan kondisi ideal untuk berkembang biak.

Bersamaan dengan penanganan melalui ramuan herbal dan tusuk jarum, dalam terapinya, sinshe tradisional Tiongkok menambahkan penyelarasan terhadap sisi spiritual manusia.

Pertama-tama, sinshe mengingatkan pasien harus mengendalikan nafsu keinginan diri sendiri. Menurut teori ilmu kedokteran Tiongkok, nafsu ambisi keinginan dapat melukai sari pati Yin seseorang, sehingga mengakibatkan bermacam-macam penyakit. Dari titik tolak inilah timbul beraneka ragam penyakit misalnya diabetes, stroke, jantung dan lain sebagainya.

Kedua, sesuai dengan pedoman perilaku seorang manusia oleh Konfusius, karakter seseorang mutlak harus diperbaiki, dimulai dari berbakti kepada orang tua. Tubuh manusia bagaikan sebuah alam semesta kecil, langit mempunyai 5 Qi (energi vital) dan bumi mempunyai 5 unsur (tanah, air, api, kayu, logam), maka manusia juga memiliki 5 sifat mulia, yakni kebajikan, kebenaran, kesopanan, kebijaksanaan dan kepercayaan. Sifat ini saling berpadanan dengan lima organ dalam tubuh manusia. Dengan lain kata, jika dalam melakukan sesuatu tidak disesuaikan dengan lima hal tersebut maka sistem organ dalam tubuh manusia dapat muncul penyakit yang sepadan.

Kebajikan berpadanan dengan sistem organ hati, yang merupakan unsur kayu dari lima unsur, berpadanan dengan kondisi psikologis seseorang yakni mengasihi (empati) terhadap orang lain. Bagaimana bila manusia tidak memelihara kebajikan dan belas kasih dalam hatinya?

Contohnya, orang yang rabun jauh maupun dekat, kebanyakan berkarakter keras, mau menang sendiri dan tidak suka dikritik orang lain. Mengerjakan sesuatu berusaha sekuat tenaga melebihi orang lain. Orang semacam ini terlalu mengutamakan perasaan sendiri, maka ia tidak mudah menyelami apa yang dirasakan orang lain. Ia akan kurang belas kasih terhadap orang lain, egois dan tidak dapat berbakti kepada orang tua secara maksimal. Karena itulah pada umumnya meridian hatinya mudah terluka. Berhubung mata adalah cermin dari organ hati, maka orang semacam ini mudah terkena penyakit rabun.

'Kebenaran' berpadanan dengan Qi paru-paru. Orang yang suka berdusta dan mengorek kelemahan orang lain, akan sangat mudah terkena penyakit yang berhubungan dengan unsur logam, terkena penyakit dalam bidang saluran paru-paru.

'Kesopanan' padanannya dengan organ jantung. Seseorang dalam melakukan sesuatu dengan hati lurus, respek terhadap orang tua, sangat memperhatikan sopan-santun, maka Qi lurus itu bisa melindungi jantung orang tersebut, jika sebaliknya akan dapat melukai jantung. Kondisi alami dari jantung ialah proaktif, terbuka dan terus terang, maka apakah kondisi tidak alami dari jantung? Salah satu dari kondisi paling tidak alami ialah dendam, dendam itu paling melukai jantung. Bila Anda sering mendendam terhadap orang lain, maka bisa menyebabkan jantung berdebar, selain itu masih ada penyakit jantung koroner dan lainnya.

'Kebijaksanaan' berpadanan dengan organ ginjal. Jika seseorang hendak memiliki kebijaksanaan, nomor satu ia harus rendah hati, yakni dapat menerima pendapat orang lain. Bentuk telinga adalah cermin dari organ ginjal, ini logis. Qi ginjal seseorang penuh, maka telinganya dapat dengan mudah mendengarkan nasehat orang lain, orang dengan Qi ginjal penuh juga memiliki kebijaksanaan. Seseorang yang dapat mendengar nasehat orang lain, organ telinga telah berfungsi lancar, maka Qi ginjal penuh, dengan demikian tentu saja akan memiliki kebijaksanaan.

'Kepercayaan' berpadanan dengan organ pencernaan lambung dan usus. Seseorang yang dapat dipercaya, tulus dan jujur, di dalam benaknya selalu tidak memperhitungkan untung-rugi, maka pencernaan lambung dan ususnya juga luar biasa baik. Sebaliknya, orang yang sering memperhitungkan untung-rugi, biasanya pencernaannya tidak baik.

Itulah mengapa kedokteran Tiongkok beranggapan ketika seseorang telah menjalankan prinsip 'kebajikan, kebenaran, kesopanan, kebijaksanaan, kepercayaan'. Dan setelah memulihkan 5 macam kondisi normal kejiwaan ini, maka kondisi fisiologisnya juga akan pulih normal, tentu akan memperoleh kesehatan. Itulah yang disebut dari spirit hingga materi telah mencapai kondisi kemanunggalan antara langit dan manusia.

Falun Dafa Foto: Dok. Falun Dafa

Teori-teori kedokteran tradisional Tiongkok yang disebut di atas dapat mengilhami pemahaman kita terhadap Falun Gong. Sesungguhnya kultivasi yang dijalankan Falun Gong dengan cara yang lebih optimal dapat menyelesaikan 3 buah penyebab terjadinya sakit di dalam teori kedokteran tradisional tiongkok. Pertama-tama, berkultivasi Falun Gong adalah memperbaiki terus menerus karakter seseorang. Orang yang berlatih Falun Gong mengusahakan agar di dalam kehidupan dan pekerjaan, di dalam perselisihan antar manusia, bisa memandang hambar aneka hawa nafsu serta berbagai perasaan dan keterikatan hati manusia, tak henti-hentinya mematut diri sendiri dengan ketat, untuk pada akhirnya dapat melepasnya secara keseluruhan.

Di hadapan nama, kepentingan, perasaan, tidak saling berebut dengan orang lain. Di dalam ucapan dan tindakan, di dalam setiap kejap pikiran dan batin, menghapus suasana hati negatif yang diakibatkan oleh semuanya ini. Di kala kepentingan diri sendiri dirugikan, tidak terjebak dalam suasana hati negatif seperti yang disebutkan oleh para sinshe kedokteran tradisional tiongkok yakni, dapatkah hati tidak tergerak di dalam intrik antar manusia; dapatkah ketika mengalami penderitaan, menyikapinya dengan benar dan hati tidak terhanyut. Dengan sungguh hati pada akhirnya mencapai penghambaran ketenaran dan keberuntungan, dapat berpikir terbuka serta bermoralitas tinggi.

Di dalam kitab kuno Kaisar Kuning (Huangdi Neijing) disebutkan, jika dapat mempertahankan kejernihan berpikir tanpa beban akan tuntutan dan hasrat, Qi (energi) murni tersimpan baik di dalam tubuh dan spirit terjaga secara internal serta tidak terhambur percuma. Dengan demikian, dari manakah penyakit mau menyerang? Para praktisi Falun Gong sejak awal berkultivasi (melatih diri) sudah dituntut melakukan hal-hal seperti itu sehingga dapat secara keseluruhan mencabut kondisi yang dibutuhkan oleh bakteri dan virus untuk menjadi faktor penyebab penyakit.

Di dalam terapi penyembuhan secara spiritual kedokteran tradisional tiongkok, para pasien disarankan memperbaiki karakter dan meningkatkan moral diri. Dalam hal ini, para praktisi Falun Gong dengan maksimal mematut diri sesuai dengan karakter alam semesta 'sejati-baik-sabar' seperti yang tertera dalam buku pembimbingnya, Zhuan Falun. Setiap tindakan diutamakan harus memikirkan orang lain, di saat menjumpai permasalahan pertama-tama harus memikirkan orang lain bisa menerimanya atau tidak, bisa melukai orang lain atau tidak. Ketika terjadi perselisihan, harus mencari ke dalam, mencari kesalahan apa yang telah diperbuat sebagai akibat dari ucapan, tindakan dan pikiran, mempertahankan kondisi hati yang tentram dan damai serta memperlakukan orang lain dengan belas kasih.

Falun Dafa Foto: Dok. Falun Dafa

Maka dengan demikian, mereka bisa berperilaku penuh respek terhadap orang tua dan mengasihi kerabat dan kolega. Di dalam rumah sebagai suami/istri/anak yang baik; di dalam pekerjaan adalah karyawan yang baik; pada setiap peran di dalam masyarakat selalu menjadi orang baik dan orang dengan integritas tinggi. Bahkan, di dalam 22 tahun lebih fitnahan dan penindasan brutal oleh pemerintah Partai Komunis China yang bertujuan untuk mengambil organ praktisi Falun Gong hidup-hidup untuk diperjualbelikan, para praktisi Falun Gong senantiasa mempertahankan pedoman berkultivasi Falun Dafa.

Berkultivasi Falun Gong berpengaruh positif terhadap sikap dan cara hidup para kultivator, sebagian besar mampu berhenti dari kecanduan rokok, alkohol dan judi serta hobi negatif lainnya. Dengan meningkatnya moralitas, nurani mengalami dan peningkatan secara mendasar. ditambah dengan lima perangkat metode latihan raga untuk sirkulasi energi alam semesta dan memurnikan tubuh, penyakit pun berangsur-angsur sembuh.

Falun Dafa Foto: Dok. Falun Dafa

Pengobatan tradisional Tiongkok adalah untuk mengatur lingkungan internal tubuh dalam mengatasi salah satu atau beberapa jenis penyakit. Sedangkan berkultivasi Falun Gong adalah mencabut seluruh faktor yang mengakibatkan tubuh tidak sehat dan segenap pikiran negatif. Telah jauh melampaui lingkup penyembuhan kedokteran Tradisional Tiongkok.

Memanfaatkan Platform Online

Sejak pandemi, praktisi Falun Dafa telah mengadakan webinar Falun Dafa secara gratis. Dengan lokakarya yang dijalankan secara online, Yang menemukan bahwa tidak hanya peserta lokal yang berpartisipasi, tetapi bahkan internasional.

Di Australia, Amy Duncan, yang telah berlatih Falun Dafa sejak 2009 memutuskan untuk menjalankan kelas online melalui sesi Facebook Live. "Saya ingin memberi kesempatan kepada orang-orang yang mungkin tertarik mempelajari Falun Dafa untuk mendapatkan manfaat dari latihan seperti yang telah saya peroleh," kata Amy dalam keterangan tertulis, Kamis (25/11/2021).

Falun DafaFoto: Dok. Facebook Amy Duncan

Di India, praktisi Falun Dafa telah mengadakan Webinar Falun Dafa sejak negara itu di-lockdown. Salah satu pembimbingnya, Sumaya Hazarika, mengatakan dia sangat memahami betapa sulitnya periode isolasi saat ini bagi orang-orang yang terjebak di rumah untuk jangka waktu yang lama. "Latihan meditasi Falun Dafa benar-benar penangkal untuk mengatasi stres dan kecemasan," kata Hazarika.

Seorang wakil kepala sekolah di Kathmandu, Kalpana Lohani, yang kebetulan melihat postingan terkait Falun Dafa di timeline Facebook-nya suatu hari, ingin tahu tentang latihan tersebut dan memutuskan untuk segera mendaftar.

"Saya merasa luar biasa dan beruntung mengetahui hal ini. Sekarang, saya melakukan kelima perangkat latihan setiap pagi. Saya merasa baik, tenang, dan damai. Saya tidur lebih nyenyak," kata Lohani.

Sementara itu, sesi online Amy dihadiri rata-rata sekitar 25 orang setiap kali, sebagian besar terdiri dari pemula atau mereka yang belum pernah mendengar tentang Falun Dafa. Dia mengatakan para peserta merasakan perbedaannya. "Mereka merasakan energi dari berlatih latihan Falun Dafa, dan seorang peserta mengatakan ia sembuh dari arthritisnya," kata Amy.

Meskipun sesi online terutama difokuskan pada pengajaran gerakan, para praktisi juga memberikan informasi dan bahan tambahan kepada peserta agar mereka dapat terus belajar di rumah. Ada juga pembimbing yang melakukan follow up kepada peserta setelah webinar.

"Setelah menghadiri webinar, beberapa peserta ingin mempelajari latihan Falun Dafa secara teratur," kata Yuvraj Telang, seorang praktisi yang membantu Thakeria.

Bagaimana kita yang di Indonesia mau ikut? Setiap minggunya praktisi Falun Dafa Indonesia mengadakan workshop online untuk pengenalan Falun Dafa yang bisa diikuti dari rumah, secara bebas biaya. Webinar diadakan pada setiap hari Minggu pukul 14.00-15.30, diisi dengan pengenalan Falun Dafa, video peragaan gerakan latihan dan penjelasan manfaatnya, serta testimoni praktisi yang telah berlatih.

Jangan lewatkan kesempatan yang sungguh sangat berharga ini. Pendaftaran untuk mendapatkan link webinar di YouTube Live dapat mengunjungi website www.belajarfalundafa.com atau klik bit.ly/webinarfalun.

(Content Promotion/Falun Dafa)