Jumat, 26 Nov 2021 10:07 WIB

Muncul Varian COVID-19 Lebih Ganas dari Delta, Punya 10 Mutasi!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Hospital COVID
Healthcare workers during an intubation procedure to a COVID patient Foto: Getty Images/Tempura
Jakarta -

Para ilmuwan asal Afrika Selatan mendeteksi varian Corona baru dengan mutasi dengan pengkodean B.1.1.529. Varian ini disebut lebih ganas dari varian Delta.

Dalam penjelasan ilmuwan Afrika, varian B.1.1.529 mengandung beberapa mutasi yang terkait dengan peningkatan resistensi antibodi. Ini diyakini ilmuwan dapat mengurangi efektivitas vaksin, bersama dengan mutasi yang umumnya membuatnya lebih menular.

"Sayangnya kami telah mendeteksi varian baru yang menjadi perhatian di Afrika Selatan," kata ahli virologi Tulio de Oliveira pada konferensi pers pada Kamis (25/11/2021), dikutip dari CNA.

Varian tersebut juga telah terdeteksi di Botswana dan Hong Kong di antara para pelancong dari Afrika Selatan, tambahnya.

Para ilmuwan mengatakan varian B.1.1.529 baru memiliki setidaknya 10 mutasi, dibandingkan dengan dua untuk Delta atau tiga untuk Beta.


"Varian ini mengandung banyak mutasi yang tidak kita kenal," tambahnya."Kekhawatirannya adalah ketika Anda memiliki begitu banyak mutasi, itu dapat berdampak pada bagaimana virus berperilaku," Maria Van Kerkhove, pimpinan teknis WHO untuk COVID-19, mengatakan pada konferensi pers virtual.

WHO mengatakan sedang "memantau dengan cermat" dan diperkirakan akan mengadakan pertemuan teknis pada Jumat ini untuk menentukan apakah varian yang dilaporkan itu harus ditetapkan sebagai varian VoC atau VoI.

Institut Nasional untuk Penyakit Menular (NICD) yang dikelola pemerintah mengatakan 22 kasus positif varian B.1.1.529 telah dicatat di Afsel setelah pengurutan genom.

NICD mengatakan jumlah kasus yang terdeteksi dan persentase yang dites positif "meningkat dengan cepat" di tiga provinsi negara itu termasuk Gauteng, rumah bagi pusat ekonomi Johannesburg dan ibu kota Pretoria.



Simak Video "Mengenal Karakteristik Khas dari Varian Alpha hingga Delta"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)