ADVERTISEMENT

Senin, 29 Nov 2021 19:40 WIB

Ini Cara Ajukan Pra-Pendaftaran dengan RS bagi Nasabah Asuransi Jiwa

Angga Laraspati - detikHealth
Prudential Foto: Dok. Prudential
Jakarta -

Memiliki asuransi dengan manfaat perlindungan kesehatan bisa meminimalkan biaya pengeluaran ketika nasabah atau anggota keluarga terkena penyakit. Namun, dalam beberapa kejadian di mana polis belum dipahami secara menyeluruh oleh nasabah.

Hal tersebut mengakibatkan munculnya beragam keluhan terkait klaim asuransi kesehatan mulai dari klaim yang ditolak, dibayarkan sebagian, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, memahami manfaat serta hak dan kewajiban polis memang menjadi kunci untuk bisa merasakan manfaat asuransi secara optimal.

Meskipun begitu salah satu proses yang dapat dilakukan nasabah guna memiliki persiapan yang lebih matang sebelum melaksanakan tindakan medis di rumah sakit adalah dengan melakukan pra-pendaftaran dengan rumah sakit rekanan perusahaan asuransi.

Salah satu perusahaan asuransi jiwa yang menyediakan fasilitas pra-pendaftaran adalah Prudential Indonesia. Chief Operations and Health Officer Prudential Indonesia dr. Dian Budiani menjelaskan proses pra-pendaftaran membantu nasabah melakukan persiapan yang lebih matang sebelum melakukan tindakan medis di rumah sakit, karena memberikan informasi tentang estimasi biaya yang dijamin perusahaan asuransi.

dr. Dian lanjut menjelaskan proses ini bisa dimulai saat nasabah mengetahui bahwa dirinya harus melakukan tindakan medis. Nasabah tersebut bisa langsung mengajukan prosedur pra-pendaftaran dengan cara menghubungi rumah sakit rekanan minimal lima (5) hari kerja sebelum tanggal tindakan medis dilakukan.

"Kemudian, nasabah perlu melengkapi tanggal, jenis, biaya, dan nama operasi serta dokter yang melakukan operasi. Perlu dicatat juga, nasabah bersama rumah sakit rekanan juga perlu menyiapkan KTP, formulir permintaan bedah, laporan medis awal, kronologi kecelakaan jika pasien mengalami kecelakaan, dan hasil laboratorium yang sudah ada," kata dr. Dian dalam keterangan tertulis Senin (29/11/2021).

Prosedur tersebut berlaku untuk tindakan medis yang memerlukan rawat inap dan ODC (One Day Care). Dengan pra-pendaftaran, nasabah sudah bisa mendapatkan kepastian penjaminan awal sementara untuk tindakan bedah atau operasi sebelum tindakan dilakukan.

dr. Dian menjelaskan Prudential Indonesia terus berupaya mewujudkan pengalaman yang lancar mulai dari proses pra-pendaftaran hingga klaim. Namun kelancaran ini juga bergantung pada kerja sama dengan nasabah dalam hal transparansi serta memberikan informasi dan data pendukung yang tepat.

"Dengan semakin banyak masyarakat merasakan manfaat dari asuransi jiwa, maka aspirasi Prudential Indonesia dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera dapat terwujud," tutup dr. Dian.

Nasabah Prudential Indonesia yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai manfaat pada polisnya, dapat menghubungi tenaga pemasar atau Prudential Indonesia secara langsung melalui customer line di nomor telepon 1500085, email di customer.idn@prudential.co.id, maupun Customer Care Centre di kantor pusat Prudential Indonesia.

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT