Selasa, 30 Nov 2021 17:05 WIB

Daftar Penyakit Ini Jadi Tantangan Rumah Sakit Gratis Suku Pedalaman Papua

Mustiana Lestari - detikHealth
RSMM Papua Foto: Grandyos Zafna

Dari data rumah sakit, rawat inap yang paling banyak adalah Malaria, ISPA, dan Diare. Sementara rawat jalan penyakit terbanyak ISPA, kencing manis, anemia, malaria dan gagal ginjal dengan pasien 7.000 hingga 8.000 per bulan.

Penyakit-penyakit ini juga merupakan hasil dari gaya hidup masyarakat pedalaman Papua yang tidak suka mengonsumsi sayur tetapi kerap mengonsumsi minuman kaleng hingga penyedap rasa.

Hemoglobin darah mereka pun rata-rata rendah sementara permintaan darah terus meningkat. Sehingga rumah sakit kerap kali mengalami kelangkaan darah. Berbagai penyuluhan dan edukasi terus digalakkan bahkan untuk hal-hal kecil seperti cuci tangan hingga cara membuang ingus.

RSMM PapuaRSMM Papua Foto: Grandyos Zafna

Selain edukasi untuk mencapai gaya hidup bersih dan sehat, masyarakat pedalaman Papua pun dilatih untuk semakin mandiri.

"7 suku (Amungme, Kamoro dan 5 suku kekerabatan) dipersiapkan mandiri asuransi sudah disediakan pemerintah, jadi RS mulai tahun ini YPMAK sudah membayarkan 10 ribu pasien 7 suku untuk dialihkan ke BPJS Kesehatan," kata Jhoni.

Sementara itu Director Development and Community Relationship PTFI, Claus Wamafma mengatakan program CSR di sektor kesehatan menjadi yang utama. Oleh karena itu, masyarakat terdampak Freeport menjadi prioritas mendapatkan pelayanan kesehatan.

Selain pelayanan kesehatan, Freeport juga aktif memberantas malaria, seperti mendirikan Malaria Center, penyemprotan, vector control.

"Yang paling penting melakukan promosi kesehatan terbebas dari malaria," jelas dia.

Selain soal malaria, Freeport mendukung pengobatan gratis di 3 klinik umum, 2 klinik spesialis, selama 2019 menerima 44.320 kunjungan pasien. Selain itu Freeport ikut serta dalam pengendalian penyakit Malaria dengan tingkat kesuksesan hingga 70% dan TB hingga 99%.

Tim detikcom bersama MIND ID mengadakan program Jelajah Tambang berisi ekspedisi ke daerah pertambangan Indonesia. detikcom menyambangi kota-kota industri tambang di Indonesia untuk memotret secara lengkap bagaimana kehidupan masyarakat dan daerah penghasil mineral serta bagaimana pengolahannya. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, ikuti terus beritanya di detik.com/jelajahtambang.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(mul/up)