ADVERTISEMENT

Selasa, 30 Nov 2021 13:55 WIB

e-Life

Commentary Driving, Teknik 'Bicara Sendiri' untuk Lawan Kantuk

dtv - detikHealth
Jakarta -

Selain dengan beristirahat cukup sebelum berkendara jauh ada teknik unik untuk mengatasi kantuk. Commentary driving bisa dicoba agar seseorang tidak kehilangan konsentrasi bahkan tertidur sekejap (microsleep) saat berkendara.

Commentary driving adalah kegiatan berbicara sendiri sambil menyebutkan potensi-potensi bahaya selama di perjalanan.

"Commentary driving juga ada bagusnya, ketika kita berbicara, menyebutkan potensi itu, rahangnya ini kan naik turun. Begitu rahang naik turun, otomatis darah dan oksigen terpompa ke otak. Sehingga kita terjaga terus gitu lho," terang Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana di program e-Life detikcom.

Banyak siasat pengemudi agar tidak mengantuk di perjalanan, terutama jika perjalanannya melalui lintasan yang monoton seperti di jalan tol. Siasat yang biasa ditemui adalah mendengarkan musik, atau membuka kaca jendela mobil. Namun, commentary driving adalah yang paling ideal.

"Boleh-boleh aja dengerin musik, radio, tapi pastikan bahwa kenyamanan itu ada batasnya, tidak boleh sampai berlebihan. Banyak siasatnya, tapi yang paling ideal dilakukan adalah commentary driving," tukas Sony.

(gah/gah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Eureka!
×
Selamat Tinggal BBM
Selamat Tinggal BBM Selengkapnya