Rabu, 01 Des 2021 10:32 WIB

Arti Kata Omicron, Alfabet Yunani yang Jadi Nama Varian Baru COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Virus Corona varian Omicron tengah menjadi sorotan dunia. Varian ini diketahui pertama kali terdeteksi di benua Afrika, salah satunya Afrika Selatan. Arti kata Omicron yang jadi nama varian baru. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Varian COVID-19 B.1.1.529 resmi dinamai varian Omicron oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Apa arti dari kata Omicron?

Varian Omicron pertama kali dilaporkan Afrika Selatan pada 24 November lalu. WHO lantas mengkategorikan varian Omicron sebagai VoC setelah kasusnya sudah banyak ditemukan di negara-negara dunia.


Apa sih arti kata Omicron? Berikut fakta-faktanya:

Arti kata Omicron berasal dari alfabet Yunani. WHO secara konsisten menamai varian Corona yang muncul dengan alfabet Yunani, tujuannya adalah mengurangi diskriminasi pada negara yang melaporkan varian tersebut.

Omicron adalah huruf ke-15 dalam alfabet Yunani dan terjemahan literalnya adalah 'o kecil'. Secara matematis, Omicron mewakili 70 dalam matematika Yunani klasik, namun jarang digunakan dalam matematika karena terlalu mirip dengan '0' dalam matematika Latin dan Arab.

Sebelumnya, WHO juga menamai strain COVID-19 baru dengan Alpha, Beta, Delta, Gamma, sampai Omicron.

Melewatkan 2 alfabet Yunani

Berdasarkan urutan alfabet Yunani, seharusnya WHO memberi nama 'Nu' atau 'Xi' untuk varian baru. Namun mereka menghindari alfabet itu. Apa arti kata Omicron?

Penamaan varian Omicron ini menjadi sorotan pengguna media sosial. Jika mengacu pada urutan alfabet, seharusnya nama baru yang muncul adalah Nu dan Xi. Banyak warganet mempertanyakan apakah langkah WHO tersebut bertujuan menghindari kesan menyinggung pemimpin China, Xi Jinping.

Dalam pernyataan resmi yang diterima oleh Associated Press, WHO melewatkan Nu dan Xi untuk menghindari pelanggaran secara umum.

"'Nu' terlalu mudah dikacaukan dengan 'baru' (atau 'new' dalam bahasa Inggris), dan 'Xi' tidak digunakan karena itu adalah nama belakang yang umum," kata WHO, dikutip dari Associated Press, Senin (29/11/2021).

Pada bulan Agustus lalu, Maria Van Kerkhove, kepala teknis WHO untuk COVID-19 menyebut bahwa WHO sudah mencari cara baru untuk memberi nama varian jika alfabet Yunani habis.


Itulah arti dari kata Omicron. Simak gejala dan cara mencegah di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bertambah Lagi! Kini Varian Omicron Sudah Masuk Hawaii"
[Gambas:Video 20detik]