Rabu, 01 Des 2021 12:46 WIB

Penting! WHO Beri 'Warning' kepada Kelompok Ini Soal Varian Omicron

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Tedros Adhanom Ghebreyesus, Director General of the World Health Organization (WHO), addresses a press conference about the update on COVID-19 at the World Health Organization headquarters in Geneva, Switzerland, Monday, Feb. 24, 2020. (Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP) Dirjen WHO Tedros Adhanahom. (Foto: Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan peringatan perjalanan baru bagi mereka yang berpikir untuk pergi ke luar negeri pada musim liburan ini.

Adanya varian Omicron membuat WHO bergerak cepat untuk mengurangi risiko kepada warga dunia, termasuk mengeluarkan peringatan perjalanan. Mereka memberi peringatan untuk kelompok ini agar tidak bepergian.

"Orang yang tidak sehat, atau yang belum sepenuhnya divaksinasi atau tidak memiliki bukti infeksi SARS-CoV-2 sebelumnya dan berada pada peningkatan risiko terkena penyakit parah dan meninggal, termasuk orang berusia 60 tahun atau lebih atau mereka dengan komorbiditas yang peningkatan risiko COVID-19 yang parah (misalnya penyakit jantung, kanker, dan diabetes) disarankan untuk menunda perjalanan ke daerah dengan penularan komunitas," tegas WHO dikutip dari laman resminya, Rabu (1/12/2021).

Selain itu, semua orang diingatkan untuk tetap waspada terhadap tanda dan gejala COVID-19, mendapatkan vaksinasi, dan tetap menggunakan masker dengan tepat.

Varian Omicron menurut WHO menimbulkan risiko "sangat tinggi" secara global sehingga mendorong banyak negara untuk menutup perbatasan mereka.

WHO mencatat setidaknya sudah ada 56 negara yang menerapkan pembatasan perjalanan yang berpotensi menunda masuknya varian baru.

"Varian Omicron akan terdeteksi di semakin banyak negara karena otoritas nasional akan meningkatkan kegiatan pengawasan dan pengurutan genom mereka," katanya.



Simak Video "Varian Omicron 5 Kali Lipat Lebih Cepat Menular Dibanding Delta"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)