ADVERTISEMENT

Rabu, 01 Des 2021 19:00 WIB

WHO Prediksi RI Jadi Salah Satu Negara Berisiko Tinggi Terdampak Omicron

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kasus COVID-19 di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya DKI, mengalami penurunan. Namun bukan berarti virus Corona sudah hilang karena kita masih berperang melawan COVID-19. WHO prediksi Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak varian Omicron. (Foto: PIUS ERLANGGA)
Jakarta -

Di tengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini, kemunculan varian Omicron kembali menimbulkan kekhawatiran. Varian yang diidentifikasi di Afrika Selatan ini bahkan sudah menyebar ke beberapa negara di dunia, tak terkecuali kawasan Asia.

Berdasarkan dokumen rapat koordinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan memprediksi Indonesia dan 10 negara bagian Asia Tenggara (SEARO) lainnya berisiko tinggi akan penyebaran varian Omicron.

"WHO memperkirakan negara di bagian Asia Tenggara memiliki risiko sangat tinggi," tulis Kemenkes dalam dokumen tersebut, Rabu (1/12/2021).

Selain Indonesia, 10 negara lainnya yakni Bangladesh, Bhutan, Korea Utara, India, Maldives, Myanmar, Nepal, Sri Lanka, Thailand, dan Timor-Leste.

Diperkirakan mudahnya transportasi antar negara menjadi salah satu penyebab penularan varian Omicron ini semakin tinggi.

Varian ini juga diperkirakan bisa menggantikan varian Delta yang saat ini masih mendominasi di Indonesia dan di dunia. Ini disebabkan oleh karakteristik mutasi spike protein yang dimiliki varian Omicron.

Tak hanya itu, penyebaran varian Omicron di Afrika Selatan terjadi jauh lebih cepat dibandingkan varian Delta di India.

Namun, dari data interim yang ada saat ini menunjukkan bahwa gejala dari varian Omicron ini lebih ringan jika dibandingkan dengan varian Delta. Bahkan perawatan rumah sakit juga lebih rendah pada saat gelombang varian Omicron daripada Delta.



Simak Video "Dokter Paru Jelaskan Alasan 89% Gejala Omicron Batuk Kering"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Eureka
×
Bumi di Akhir Zaman
Bumi di Akhir Zaman Selengkapnya