Kamis, 02 Des 2021 16:52 WIB

Hari Disabilitas Internasional, Ini 6 Tokoh Disabilitas yang Menginspirasi Dunia

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Twibbon Hari Disabilitas Internasional sudah disediakan untuk menyambut tanggal 3 Desember 2021 mendatang. Hari disabilitas internasional. (Foto: Getty Images/iStockphoto/KaraGrubis)
Jakarta -

Sejak tahun 1992, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menetapkan 3 Desember sebagai Hari Disabilitas Internasional atau dikenal sebagai International Day of People with Disability (IDPWD).

Penetapan IDPWD sebagai rangka mendukung penyetaraan hak dan martabat kaum difabel yang kerap dipandang sebelah mata.

Meski hidup dengan keterbatasan, banyak dari mereka yang berhasil membuat inovasi dan menginspirasi melalui karya mereka. Berikut 6 tokoh difabel dunia yang menginspirasi di berbagai bidang:

1. Stephen Hawking

Stephen Hawking merupakan penyandang disabilitas fisik yang mengalami Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) atau sebuah penyakit neuron motorik sehingga membatasi geraknya.

Diketahui Stephen didiagnosis dengan ALS sejak usianya 21 tahun dan memiliki kesempatan hidup hanya 2 tahun. Namun ternyata, ia bisa hidup hingga usianya 76 tahun.

Meski harus duduk di kursi roda dengan hanya menggerakkan kepala dan mata, serta mengenakan alat bantu untuk berkomunikasi, ia menjadi salah seorang tokoh fisikawan yang cerdas dan memperoleh banyak penghargaan.

2. Nick Vujicic

Motivator sekaligus penginjil, Nick Vujicic mendirikan organisasi bagi penyandang disabilitas, Life Without Limbs.

Nick sendiri mengalami Tetra-Amelia Syndrome, sehingga bagian tubuh untuk bergerak tidak tumbuh dan ia mengalami keterbatasan fisik. Meski demikian, ia tidak menyerah walaupun hidup tangan dan kaki.

Lantaran memiliki keterbatasan, ia kerap mendapat diskriminasi dan bullying dari teman-teman sekolahnya. Bahkan dirinya hampir menyerah dan ingin bunuh diri.

Seiring berjalannya waktu, ia berhasil menemukan potensi dari dirinya. Saat ini dia banyak menulis buku dan membagikan motivasi hampir ke seluruh dunia.

3. Stevie Wonder

Penyanyi legendaris asal Amerika Serikat, Stevie Wonder, terlahir dalam kondisi prematur yakni 6 minggu lebih awal. Hal ini menyebabkan kondisi mataya tidak sempurna lantaran terpapar terlalu banyak oksigen di inkubator dan membuat matanya buta.

Oleh karena itu, di setiap pertunjukannya, ia kerap menggunakan kacamata hitam yang kini menjadi ciri khasnya di atas panggung.

Meski memiliki keterbatasan, ia tumbuh menjadi jenius di bidang musik. Bahkan banyak lagu ciptaannya tak lekang oleh waktu, salah satunya 'I Just Called to Say I Love You'.

4. Helen Keller

Helen merupakan seorang penulis asal Amerika Serikat, aktivis politik, dan dosen. Tuli dan buta tidak menghambat Helen untuk mendapat gelar sarjana.

Kisahnya terkenal melalui drama dan film, The Miracle Worker, yang mendokumentasikan bagaimana sang guru Anne Sullivan dapat mengembangkan bahasa yang dimengerti Helen.

Sepanjang usianya, Helen berhasil menulis 12 buku terbitan yang menyertakan autobiografinya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Perjuangan Ketut Budiarsa, Disabilitas Tulang Rapuh di Bali "
[Gambas:Video 20detik]