Senin, 06 Des 2021 13:30 WIB

Klaim Kasus Membaik, Kemenkes Targetkan RI Jadi Negara Pertama Bebas Corona

Ayunda Septiani - detikHealth
Kasus COVID-19 di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya DKI, mengalami penurunan. Namun bukan berarti virus Corona sudah hilang karena kita masih berperang melawan COVID-19. Kemenkes targetkan RI jadi negara pertama bebas Corona. (Foto ilustrasi: PIUS ERLANGGA)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan menyebutkan akan menargetkan Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang akan keluar dari pandemi Corona dengan fokus utama menurunkan laju penularan COVID-19 secara signifikan.

Juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa langkah pemerintah untuk menargetkan hal tersebut diantaranya adalah dengan fokus pada upaya surveilans testing, treatment, dan tracing yang dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19, serta program vaksinasi nasional.

"Di masa Indonesia menjadi presidensi G20, kita menunjukkan bagaimana kita bisa mempertahankan kondisi yang baik ini dengan semakin menekan laju penularan. Bahkan kalau bisa Indonesia bisa menjadi negara pertama yang keluar dari situasi pandemi COVID-19 ini," kata Nadia dalam video yang disiarkan melalui kanal YouTube FMB9ID_IKP, Senin (6/12).

Selain itu, Nadia juga menyebutkan bahwa relaksasi yang saat ini sudah diberikan oleh pemerintah kepada akses mobilitas warga didukung oleh penurunan kasus COVID-19.

Untuk itu, Nadia mewanti-wanti bahwa penanganan pandemi ini merupakan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, sebab tidak bisa berdiri sendiri-sendiri.

Lebih lanjut, pemerintah akan berupaya mengoptimalkan upaya surveilans dan memfasilitasi program vaksinasi. Sementara warga diminta untuk tetap mematuhi 3M yang meliputi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Nadia juga meminta agar warga tak menolak untuk divaksin guna menciptakan kekebalan komunal atau herd immunity.

"Karena kita sendiri tidak bisa memprediksi kapan pandemi ini akan berakhir, tapi upaya-upaya ke arah sana terus kita lakukan. Kalau kita lihat tadi saya sampaikan situasi kesehatan kita ini kan terus membaik," pungkasnya.



Simak Video "Meski Kasus Melandai, Satgas Covid-19 Ingatkan Pandemi Belum Berakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)