Selasa, 07 Des 2021 14:36 WIB

Nekat Pesta! Hampir 70 Dokter-Perawat yang Sudah Booster Tertular COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Nice-looking attractive gorgeous glamorous elegant stylish cheerful cheery, positive girls and guys having fun bachelor graduate occasion in fashionable luxury place night-club indoors Puluhan staf RS positif Corona usai menghadiri pesta. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Deagreez)
Jakarta -

Puluhan perawat dan dokter di unit perawatan intensif Rumah Sakit Regional Universitas di Malaga, Spanyol, positif COVID-19. Sebanyak 68 orang tersebut dinyatakan positif usai menghadiri pesta Natal.

Kasus tersebut langsung diselidiki oleh pihak otoritas kesehatan setempat. Setelah diselidiki, 68 orang tersebut ternyata sempat menghadiri pesta Natal yang diselenggarakan pada 1 Desember 2021 lalu, dan dihadiri 173 orang.

Otoritas kesehatan mengungkapkan sebelum menghadiri pesta, puluhan orang tersebut sudah menjalani tes antigen dan mendapatkan vaksin booster. Mereka juga menunjukkan gejala-gejala COVID-19 yang tergolong ringan.

Pihak berwenang menduga sumber infeksi ini bisa saja berasal dari acara makan besar yang memang disediakan untuk para staf rumah sakit.

Untuk mencegah hal serupa terjadi lagi, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez memperingatkan untuk tetap waspada terhadap virus Corona selama Natal.

"Kami tidak boleh menurunkan kewaspadaan kami," katanya pada wartawan yang dikutip dari Reuters, Selasa (7/12/2021).

Pihak otoritas kesehatan di Andalusia juga memperingatkan para staf di rumah sakit, umum dan swasta lainnya, untuk tidak menghadiri pesta Natal semacam ini. Hal ini juga mencegah munculnya kasus baru, termasuk yang berkaitan dengan varian Omicron.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)