6 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Bisa dengan Minum Air

ADVERTISEMENT

6 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Bisa dengan Minum Air

Astika - detikHealth
Rabu, 08 Des 2021 05:28 WIB
Ilustrasi Diabetes
Cara menurunkan gula darah (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Kadar gula darah tinggi patut diwaspadai karena bisa memicu penyakit kronis diabetes. Oleh karena itu, penting untuk diketahui bagaimana cara menurunkan gula darah secara alami agar tidak langsung bergantung dengan obat-obatan.

Kadar gula darah normal adalah di bawah 200 mg/dL untuk gula darah sewaktu (tanpa puasa) atau 126 mg/dL untuk gula darah puasa.

Dikutip dari MedicineNet, berikut cara menurunkan gula darah secara alami:

1. Olahraga teratur

Olahraga atau aktivitas fisik menjadi salah satu cara menurukan gula darah karena dapat mempertahankan berat badan ideal serta meningkatkan sensitivitas insulin.

Selain itu, olahraga mendorong otot untuk menggunakan gula sebagai sumber energi. Bentuk olahraga yang dapat dilakukan seperti berlari, jalan cepat, bersepeda, berenang, dll.

2. Diet rendah karbohidrat

Pada kondisi normal, tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula yang dengan bantuan insulin akan menjadi energi. Namun, jika terlalu banyak konsumsi kabohidrat akan menyebabkan kadar insulin berfluaktasi dan mengurangi sensitivitasnya.

Oleh karena itu, diet rendah karbohidrat bermanfaat untuk mengontrol gula darah dalam jangka panjang.

3. Tingkatkan asupan serat

Serat terbukti dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Sehingga dengan konsumsi makanan tinggi serat menjadi salah satu cara menurunkan gula darah.

Makanan dengan kandungan serat tinggi seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Asupan serat harian adalah sekitar 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria.

4. Pilih makanan dengan indeks glikemik rendah

Konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membantu mengendalikan gula darah karena karbohidrat yang diubah menjadi glukosa lebih sedikit atau lambat.

Berikut contoh makanan dengan indeks glikemik rendah:

  • Jelai
  • Yoghurt
  • Gandum
  • Kacang-kacangan
  • Pasta gandum



Simak Video "Kemenkes RI Laporkan Peningkatan Prevalensi Penyakit Diabetes-Stroke"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT