ADVERTISEMENT

Rabu, 08 Des 2021 14:49 WIB

Kemenkes Bantah Kabar Temuan 4 Kasus Omicron di Bekasi, Ini Faktanya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Omicron: Antrean vaksinasi panjang di tengah kemunculan varian baru, kata Dubes RI di Afsel Varian Omicron. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Geger varian Omicron disebut sudah ditemukan di Indonesia. Kabar ini awalnya disampaikan oleh Kadinkes Bekasi setelah melakukan pemeriksaan sampel di salah satu laboratorium.

Menanggapi kabar tersebut, Kementerian Kesehatan RI membantah tegas kabar ditemukannya empat kasus varian Omicron di Tanah Air. Sejauh ini, varian B.1.1.529 belum ditemukan di Indonesia.

"Kami belum menemukan. Sampai saat ini pemerintah masih menggencarkan whole genome sequencing," beber Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI, dr Maxi Rein Rondonuwu saat dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (8/12/2021).

Sebelumnya diberitakan empat warga DKI Jakarta terpapar varian Omicron usai bepergian dari luar negeri. Belum diketahui secara pasti kronologis atau kondisi pasien yang diduga terinfeksi tersebut.

Hingga saat ini pemerintah masih meyakini varian Omicron belum terdeteksi di Indonesia. Sebagai catatan, beberapa negara tetangga dekat Indonesia sudah mendeteksi varian Omicron, di antaranya Thailand, Malaysia, dan Singapura.



Simak Video "Bertambah Lagi! Kini Varian Omicron Sudah Masuk Hawaii"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT