Rabu, 08 Des 2021 17:15 WIB

RI Masuk Kategori Level 1 CDC AS, Negara Tetangga Apa Kabar?

Ayunda Septiani - detikHealth
Ilustrasi masker, pandemi covid-19, ilustrasi vaksin, ilustrasi pasien covid-19 Foto: AP/Vadim Ghirda
Jakarta -

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menempatkan Indonesia sebagai negara dengan tingkat risiko COVID-19 yang rendah. CDC memberikan Indonesia Level 1.

Dikutip dari laman resmi CDC, ada lima Level COVID-19. Mulai dari level tidak diketahui (Level Unknown), Level 1 (rendah), Level 2 (sedang), Level 3 (tinggi), Level 4 (sangat tinggi).

Tidak hanya Indonesia, ternyata sudah banyak negara yang masuk ke dalam Level 1 COVID-19. Bahkan China, negara tempat COVID-19 pertama kali diidentifikasi, juga masuk dalam level ini.

Lalu bagaimana dengan negara tetangga RI lainnya?

Beberapa negara di Asia Tenggara nampaknya berada di level yang berbeda-beda, ada yang berada di level 1 dan ada juga berada di level tidak diketahui.

  • Level 1: Timor Leste, Indonesia
  • Level 3: Laos, Filipina, Thailand, Vietnam
  • Level 4: Brunei, Myanmar, Malaysia, Singapura
  • Level tidak diketahui: Kamboja

Adapun beberapa negara tetangga sudah mendeteksi adanya varian baru COVID-19 di negaranya, antara lain:

1. Singapura

Singapura sebelumnya melaporkan 2 kasus impor COVID-19 pada Kamis (2/12/2021). Keduanya ditemukan ketika tiba dari luar negeri dan langsung diisolasi.

"Saat ini tidak ada bukti penularan komunitas dari kasus-kasus ini," kata kementerian kesehatan dalam pernyataannya, dikutip dari Channel News Asia.

2. Malaysia

Malaysia juga melaporkan temuan kasus COVID-19 akibat varian Omicron pertama. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin, Jumat (3/12/20210).

Ia memaparkan, kasus tersebut terdeteksi pada mahasiswa asing dari Afrika Selatan yang tiba di Malaysia melalui Singapura pada 19 November 2021 lalu.

3. Thailand

Menyusul Singapura dan Malaysia, Thailand mendeteksi kasus pertama varian Omicron beberapa waktu lalu.

Menurut pejabat senior Kementerian Kesehatan Masyarakat, Senin (6/12/2021), varian virus Corona ditemukan pada seorang pengusaha Amerika keturunan Thailand yang tiba di negara itu dari Spanyol.



Simak Video "Varian Omicron sudah Mendominasi Korea Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)