Jumat, 10 Des 2021 07:07 WIB

5 Manfaat Minum Air Kelapa untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Sponsored - detikHealth
Bumil Minum Air Kelapa Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Air alami dan steril dari buah kelapa ternyata memiliki banyak khasiat. Selain dapat menjaga kesehatan janin dan menggantikan cairan tubuh yang hilang, minum air kelapa juga disebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dilansir dari healthline, ada banyak nutrisi penting dalam air kelapa dan memiliki tingkat yang sama dengan keseimbangan elektrolit yang kita miliki dalam darah. Lantas apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

Gantikan Elektrolit Hilang Karena Morning Sickness

Ketika mual dan muntah dipagi hari membuat sistem tubuh menurun, air kelapa dinilai mampu menambahkannya dengan menggantikan elektrolit yang hilang. Apalagi bagi wanita dengan morning sickness yang ekstrim atau biasa disebut hiperemesis gravidarum sering membutuhkan elektrolit tambahan untuk menggantikan elektrolit yang hilang dari muntah yang berlebihan.

Apalagi, air kelapa mengandung elektrolit berharga seperti kalium, natrium, dan magnesium. Tentu ini akan menjadi manfaat yang bisa diperoleh para wanita yang tengah mengandung.

Mengisi Cairan yang Hilang

Morning sickness yang berulang kali juga bisa mengurangi cairan tubuh yang ada pada ibu yang sedang mengandung. Karena itu, penting untuk mengisi kembali cairan yang ada di dalam tubuh dan air kelapa menjadi salah satu minuman yang bisa melakukan hal tersebut.

Hidrasi

Air kelapa mengandung 95% persen air murni sehingga dapat menjadi pilihan selama kehamilan karena mampu menghidrasi dan menyedia elektrolit. Tidak ada perbedaan juga antara hidrasi yang diberikan air kelapa dengan air H20.

Mengurangi Tekanan Darah

Bagi yang memiliki tekanan darah tinggi selama masa kehamilan, air kelapa dapat menjadi pilihan cerdas karena kandungan kaliumnya. Nutrisi ini adalah kontributor yang dikenal untuk mengatur aliran darah dan tekanan darah.

Salah satu studi kecil tahun 2005 bahkan menemukan minum air kelapa selama 2 minggu mengurangi tekanan darah sistolik pada 71 persen peserta.

Membantu Tumbuh Kembang Janin

Selama kehamilan, suplementasi magnesium telah dikaitkan dengan peningkatan berat lahir dan mengurangi risiko preeklampsia. Ya, vitamin tersebut terdapat pada air kelapa berbarengan dengan kalsium dan kalium.

Mungkin vitamin dan mineral tersebut selalu didengungkan sebagai hal yang penting untuk perkembangan bayi. Tentu para ibu hamil harus tetap diet padat nutrisi yang kaya akan makanan utuh yang menyediakan makro dan mikronutrien utama yang dibutuhkan untuk kesehatan janin dan ibu.

Meski mempunyai berbagai manfaat bagi ibu hamil namun perlu diperhatikan dosis atau porsinya karena air kelapa menurunkan tekanan darah. Sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum minum air kelapa.

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan seperti Bundavin untuk memenuhi nutrisi ibu dan janin. Bundavin adalah suplemen multivitamin dan mineral yang diproduksi oleh PT Samco Farma untuk ibu hamil dan menyusui.

Bundavin diberikan sebagai tambahan nutrisi untuk menjaga ibu hamil tidak sampai kekurangan vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan janin yang dikandungnya. Bundavin bertindak sebagai tambahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral seperti asam folat, zat besi, yodium, serta kalsium.

Suplemen diberikan jika asupan nutrisi dinilai belum tercukupi dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil sehari-hari. Terutama untuk ibu hamil trimester pertama yang kerap tidak terpenuhi asupan nutrisinya akibat sering mual dan muntah.

BundavinBundavin Foto: Samco Farma

Saat ini, Bundavin bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative, di nomor 087880779521.

Adapun bagi yang berada di luar Jabodetabek, produk ini bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Hapeel Pharmindo untuk area malang dan sekitarnya, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, dan PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.

Jangan pernah lupa untuk memberikan nutrisi dan gizi yang cukup untuk janin ya! Walau berat, perjuangan para ibu selama kehamilan tentu sebanding dengan kelahiran buah hati nanti.

Selamat berjuang dan pastikan ibu dan janin selalu sehat ya!

(Content Promotion/Samco Farma)