Jumat, 10 Des 2021 17:01 WIB

Kemenkes Sebut Vaksinasi COVID-19 Anak 6-11 Tahun Pakai Sinovac

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Jakarta -

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun akan segera dimulai pada pertengahan Desember. Hal ini tertuang dalam Instruksi Mendagri Nomor 66 Tahun 2021 aturan periode Natal dan Tahun Baru.

Mengenai jenis vaksinasi COVID-19 yang akan digunakan, Juru Bicara Vaksin COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan pihaknya sudah menyiapkan vaksin tersebut.

"(Pakai) Sinovac sesuai izin EUA," kata dr Nadia saat dihubungi detikcom, Jumat (10/12/2021).

Vaksin Sinovac untuk anak 6-11 tahun sudah mendapat izin penggunaan darurat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sejak 1 November 2021.

Sedangkan untuk teknis pelaksanaan vaksin anak usia 6-11 tahun, dr Nadia mengatakan saat ini pihaknya masih dalam proses finalisasi. Namun ia memastikan, akan ada keterlibatan sekolah pada program vaksinasi COVID-19 tersebut.

"Seperti pada remaja melibatkan sekolah ya," terangnya.

Dalam salah satu poin aturan yang dirilis, Mendagri menginstruksikan vaksinasi anak di seluruh wilayah Indonesia bisa dimulai sejak 24 Desember. Adapun wilayah yang sudah bisa melakukan vaksinasi anak, harus melengkapi sejumlah syarat terlebih dulu.

"Memulai vaksinasi anak usia 6 (enam) tahun sampai dengan 11 (sebelas) tahun dengan ketentuan, telah mencapai target minimal 70 persen (tujuh puluh persen) dosis pertama total sasaran dan target minimal 60 persen (enam puluh persen) dosis pertama lansia sesuai dengan aturan yang berlaku," tulis aturan Inmendagri yang ditekan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada 9 Desember 2021.

(kna/kna)