Jumat, 10 Des 2021 19:10 WIB

Survei Antibodi COVID-19 Sudah Ada, Kenapa Kemenkes Belum Ungkap Hasilnya?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan standar masker yang dapat digunakan oleh masyarakat selama pandemi virus Corona COVID-19. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Wakil Menteri Kesehatan, dr Dante Saksono Harbuwono, menjabarkan kabar dari sero survei yang dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Survei ini bertujuan mengecek tingkat kekebalan dalam bentuk antibodi yang dimiliki orang Indonesia terhadap virus Corona. Seperti apa hasilnya?

"Sero survei adalah cara untuk melihat berapa jumlah antibodi yang ada pada seseorang yang telah terinfeksi COVID-19 atau sudah pernah divaksinasi," ujarnya saat ditemui detikcom di Boyolali, Jumat (10/12/2021).

"Kan tujuan vaksinasi mendapatkan antibodi. Itu nanti akan terdeteksi oleh sero survei tingkat kekebalan dalam masyarakat," sambungnya.

Sudah ada hasil, namun belum bisa dipublikasi

Namun dalam kesempatan tersebut, ia mengaku belum bisa menjabarkan hasil dari sero survei terkait jumlah antibodi dan tingkat kekebalan masyarakat Indonesia dari virus Corona. Meski hasilnya kini sudah ada, ia menyebut hasil tersebut masih dalam proses uji analisis statistik.

"(Hasil sero survei) sudah ada, tetapi masih dalam uji analisis statistik. Nanti akan kita sampaikan secepatnya. Sambil menunggu proses analisis berjalan," pungkas Wamenkes.



Simak Video "Penyebab Omicron Lebih Berpotensi Picu Reinfeksi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)