Sabtu, 11 Des 2021 05:57 WIB

10 Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker

Atilah Tia Abelta - detikHealth
lengkuas muda Manfaat lengkuas (Foto: iStock)
Jakarta -

Lengkuas merupakan salah satu rempah khas Indonesia yang kerap digunakan sebagai bumbu makanan. Selain itu, manfaat lengkuas pun begitu banyak terutama untuk kesehatan.

Dikenal juga sebagai akar Laos, kah, atau jahe siam, lengkuas (Alpinia galangal) adalah anggota dari Zingiberaceae. Berasal dari keluarga yang sama dengan jahe, tampilannya mirip tapi rasanya berbeda.

Lengkuas memiliki rasa pedas yang tajam, hampir seperti jeruk. Sedangkan jahe segar, terasa pedas, dan tidak terlalu manis. Kulit lengkuas lebih halus dan lebih pucat dari jahe dan dagingnya jauh lebih keras.

Selama ribuan tahun, lengkuas digunakan sebagai makanan dan obat-obatan di wilayah Arab dan Asia. Lantas, apa saja manfaat lengkuas untuk kesehatan? Berikut detikcom telah merangkum dari berbagai sumber.

1. Membantu Mengurangi Peradangan

Kekuatan anti-inflamasi lengkuas dapat menenangkan peradangan di seluruh tubuh. Gingerol anti-inflamasi berperan dalam menghambat sintesis prostaglandin, yang membuat beberapa ahli percaya bahwa manfaat lengkuas dapat membantu pasien rematik.

2. Memperkuat Imun Tubuh

Lengkuas memiliki jumlah Vitamin C yang baik dan lebih dari selusin antioksidan termasuk alpine dan galangin sehingga menjadikannya penambah kekebalan. Terlebih lagi, penelitian menunjukkan bahwa 1′S-1′-acetoxychavicol acetate (ACA) yang diisolasi dari rimpang lengkuas dapat menghambat replikasi HIV-1.

3. Meningkatkan Jumlah dan Motilitas Sperma

Di Timur Tengah, lengkuas digunakan sebagai afrodisiak, dan orang Asia Tenggara sering menggunakan lengkuas untuk pengobatan gangguan menstruasi. Sebuah studi tahun 2014 mengungkapkan bahwa ekstrak etanol A.galanga secara signifikan meningkatkan spermatogenesis tikus.

4. Mencegah Kanker

Manfaat lengkuas lainnya yaitu dapat mencegah kanker. Lengkuas adalah anggota keluarga Zingiberaceae, yang juga termasuk jahe, kunyit, dan kapulaga. Kelompok tanaman ini mengandung fitokimia yang terkait dengan pencegahan kanker berkat sifat antioksidan dan antikarsinogeniknya.

5. Lengkuas Baik untuk Kulit

Dalam sebuah studi in vivo yang diterbitkan dalam Costetics and Toiletries, para ilmuwan menyatakan bahwa ekstrak lengkuas dapat meningkatkan produksi asam hialuronat. Anehnya, para peserta melaporkan pengurangan garis senyum, peningkatan pancaran kulit, dan kepadatan kulit.

Lengkuas juga menenangkan eksim, luka bakar dan gatal, dan infeksi jamur. Dengan dosis vitamin C yang sehat, lengkuas juga membantu peremajaan kulit.

6. Melancarkan Pencernaan

Serat dalam lengkuas dapat mendukung kesehatan usus dan keteraturan usus yang baik. Lengkuas mengurangi sekresi asam ludah dan pencernaan sehingga menenangkan saluran pencernaan. Ini sangat bermanfaat bagi pasien maag.

Dalam pengobatan Ayurveda dan pengobatan alternatif Asia lainnya, lengkuas digunakan untuk membantu mengatasi gas, kram, sembelit, dan bahkan menghentikan cegukan.

7. Baik untuk Kesehatan Otak

Beberapa nutrisi dan ACA dalam lengkuas telah dikaitkan dengan otak yang sehat dan kognisi yang lebih baik, ditambah perlindungan terhadap depresi.

Bukti juga menunjukkan bahwa dengan mengurangi deposisi plak beta-amiloid di otak, rempah ini dapat memperlambat atau mencegah timbulnya penyakit neurodegeneratif.

8. Menurunkan Kolesterol

Kita tahu bahwa kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti serangan jantung, penyakit arteri perifer, dan stroke. Kaempferol, quercetin, dan galanin merupakan flavonoid utama dalam lengkuas yang dapat mencegah lonjakan kolesterol.

Penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa ini dapat menghambat sintase asam lemak sehingga menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah.

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Studi menunjukkan bahwa manfaat lengkuas dapat mengurangi kontraksi jantung dan melindungi dari pingsan maupun serangan jantung. Lengkuas memiliki jumlah serat yang baik sehingga menjadikannya rempah yang bagus bagi penderita penyakit jantung.

10. Mengobati Penyakit Pernapasan

Lengkuas telah digunakan selama ribuan tahun sebagai pengobatan alami untuk pilek, batuk dan sakit tenggorokan di seluruh Asia. Teh lengkuas membantu memperluas paru-paru dan melonggarkan dahak berkat sifat ekspektorannya.

Efek antispasmodik dari rempah ini dapat mengurangi dahak, serta melebarkan bronkiolus. Ekstrak lengkuas juga membantu mengendalikan dan menenangkan asma dan sindrom gangguan pernapasan akut berkat efek anti-inflamasinya.

Meski ada banyak sekali manfaat lengkuas, sebaiknya konsumsi sesuai kebutuhan. Atau jika perlu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.



Simak Video "Kemenkes: Herbal atau Jamu Tak Bisa Sembuhkan Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)