Minggu, 12 Des 2021 06:42 WIB

5 Makanan Kaya Vitamin D3, Pelengkap Berjemur Biar Tak Cuma Gosong Kepanasan

Hartaty Varadifa - detikHealth
Beauty woman lying on beach. Sea and ocean background People and lifestyles concept. Vacation and relaxation theme. Summer seasonal theme. Vitamin D3 penting untuk kesehatan (Foto: Getty Images/iStockphoto/Shutter2U)
Jakarta -

Vitamin D3 penting untuk kesehatan, banyak yang rela berjemur untuk mendapatkannya. Tapi berjemur saja tidak cukup, vitamin D3 juga harus dicukupi dari makanan.

Tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali makanan yang mengandung vitamin D3.

Vitamin D3 menawarkan banyak manfaat kesehatan seperti memperkuat tulang dan otot, meningkatkan kekebalan, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi jantung, hingga meningkatkan mood.

Sumber vitamin D3 biasanya berasal dari hewan terkhususnya yang terkena sinar UV yang berasal dari matahari.

Berikut ini adalah daftar makanan yang tinggi vitamin D3 yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Salmon

Salmon adalah ikan berlemak yang populer karena memiliki sumber vitamin D yang bagus.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA) ,satu porsi 3,5 ons (100 gram) salmon Atlantik yang dibudidayakan mengandung 526 IU vitamin D.

Sedangkan salmon tangkapan liar mengandung 988 International Unit (IU) vitamin D per porsi 3,5 ons (100 gram). Beberapa penelitian telah menemukan jumlah yang lebih tinggi pada salmon liar hingga 1.300 IU per porsi.

Namun, salmon yang dibudidayakan hanya mengandung 25 persen dari jumlah tersebut. Namun, satu porsi salmon yang dibudidayakan menyediakan sekitar 250 IU vitamin D.

2. Sarden

Satu kaleng porsi sarden mengandung vitamin D3 sekitar 200 IU. Sarden menawarkan nutrisi lain, seperti vitamin B12 dan omega-3.

3. Tuna kalengan

Banyak orang menyukai tuna kalengan karena rasanya yang enak dan cara penyimpanannya yang mudah.

Tuna ringan kalengan mengemas hingga 268 IU vitamin D dalam porsi 3,5 ons (100 gram), yang merupakan 34% dari nilai harian yang direkomendasikan (DV).

Makanan ini juga merupakan sumber niasin dan vitamin K.

Sayangnya, tuna kalengan mengandung methylmercury, racun yang ditemukan di banyak jenis ikan. Jika menumpuk di tubuh kamu yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Namun, beberapa jenis ikan menimbulkan risiko lebih kecil daripada yang lain. Misalnya, tuna ringan biasanya lebih baik dikonsumsi daripada tuna putih karena dianggap aman untuk dimakan hingga 6 ons (170 gram) per minggu.

4. Telur

Telur memiliki kandungan vitamin D sebanyak 44 IU dan 6 persen nilai harian yang direkomendasikan (DV).

Telur dari ayam yang dibesarkan secara komersial hanya mengandung sekitar 37 IU vitamin D per kuning telur. Namun, telur dari ayam yang dibesarkan di luar atau diberi makan makanan yang diperkaya vitamin D mengandung kadar yang jauh lebih tinggi.

5. Hati sapi

Beberapa orang menyukai hati. Namun sebagian orang juga kurang menyukai makanan ini, padahal hati sapi mengandung banyak nutrisi, dengan banyak protein, zat besi, dan vitamin A. Vitamin D yang terkandung dalam hati sapi yaitu 3 ons hati dan 42 IU untuk 5 persen DV.



Simak Video "Yang Perlu Diperhatikan Saat Berjemur Agar Dapat Hasil Optimal"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)