Senin, 13 Des 2021 13:45 WIB

Aktris Film Parasite Park So Dam Idap Kanker Tiroid Papiler, Ini Gejalanya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
LOS ANGELES, CALIFORNIA - OCTOBER 30: Actress So-dam Park attends A Genre Of One: Bong Joon Ho, a feature retrospective presented by the American Cinematheque at The Egyptian Theatre on October 30, 2019 in Los Angeles, California. (Photo by Michael Tullberg/Getty Images) Park So Dam bintang film Parasite. (Foto: Michael Tullberg/Getty Images)
Jakarta -

Aktris asal Korea Selatan, Park So Dam, didiagnosis mengidap kanker tiroid papiler. Pihak agensinya merilis pernyataan resmi bahwa bintang film Parasite ini sedang menjalani operasi.

"Aktris Park So Dam didiagnosis menderita kanker tiroid papiler dari pemeriksaan kesehatan rutinnya, dan dia menyelesaikan operasi mengikuti rekomendasi dokter," katanya dilansir Soompi Senin (13/12/2021).

Pihak agensi mengatakan Park So Dam akan fokus terhadap pemulihannya pasca operasi dan tidak bisa mengikuti promosi film terbarunya.

Dikutip dari WebMD, kanker tiroid papiler yang diidap Park So Dam adalah jenis kanker yang biasanya hanya menyerang satu lobus kelenjar tiroid dengan pertumbuhan yang sangat lambat. Meskipun begitu, kanker ini tetap bisa menyerang kelenjar getah bening.

Kanker tiroid papiler adalah jenis kanker umum yang paling dialami. Disebutkan, kanker ini salah satu yang sangat sulit dideteksi, karena sangat mirip dengan sel tiroid normal.

Gejala kanker tiroid papiler

Seringkali, pengidap kanker tiroid papiler tidak akan mengalami gejala yang spesifik. Beberapa pasien mengetahui mengidap kanker ini setelah melakukan pemeriksaan fisik rutin.

Gejala awal kanker biasanya adalah nodul. Nodul adalah pertumbuhan yang mungkin padat atau berisi cairan. Saat nodul membesar, pasien mungkin mulai mengalami gejala seperti:

  • Benjolan pada leher
  • Sulit menelan dan merasa sakit di tenggorokan
  • Sakit tenggorokan atau suara serak tak kunjung hilang
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Kesulitan bernapas terutama saat berbaring.


Simak Video "Tawaran Vaksin Covid-19 dari Korsel Masih Dicuekin Korut"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)