ADVERTISEMENT

Selasa, 14 Des 2021 10:30 WIB

Keluarga Artis Diisukan Kabur dari Karantina, Wamenkes Ingatkan Bahayanya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar Wakil Menteri Kesehatan dr Dante Saksono Harbuwowo. Foto: (Sui Suadnyana/detikcom)
Jakarta -

Setelah heboh kasus Rachel Vennya, kabar selebris kabur dari karantina COVID-19 kembali mencuat. Kali ini keluarga Ahmad Dhani, yakni Dul Jaelani dan Mulan Jameela, yang dirumorkan kabur dari karantina sepulang dari bepergian ke Turki.

Rumor tersebut masih simpang siur. Namun yang jelas, Kementerian Kesehatan menegaskan tak ada pengistimewaan bagi pihak mana pun. Setiap pelaku perjalanan luar negeri yang baru tiba di RI wajib menjalani 10 hari karantina di tempat yang sudah ditetapkan.

"Karantina ini berlaku untuk semua Warga Negara Indonesia yang melakukan perjalanan dan warga negara yang masuk ke wilayah Indonesia. Bahkan sekarang pun Pak Menteri Kesehatan yang baru pulang dari China itu sudah melakukan karantina kesehatan selama 10 hari. Jadi tanpa pengecualian," terang Wakil Menteri Kesehatan, dr Dante Saksono Harbuwono, saat ditemui detikcom di Jakarta, Selasa (14/12/2021).

Menurutnya, perubahan aturan masa karantina menjadi 10 hari adalah langkah antisipasi terhadap varian Omicron. Mengingat, varian Corona baru ini disebut-sebut lebih mudah menular dibanding varian Corona yang ada sebelumnya. Termasuk varian Delta yang diyakini menjadi penyebab lonjakan kasus COVID-19 besar-besaran di sejumlah negara, di antaranya Indonesia.

"Kenapa kita ubah menjadi 10 hari? Melihat situasi global dari adanya varian virus baru maka kita harus berhati-hati. Karena varian virus baru ini mempunyai penularan yang lebih cepat daripada varian yang lama," tergas dr Dante.

"Karena itu kami memperpanjang masa karantina menjadi 10 hari. Maka tidak ada pengecualian untuk seluruh warga negara baik asing maupun Indonesia yang baru bepergian dari luar negeri harus menjalani karantina selama 10 hari," sambungnya.

Terakhir ia menegaskan, karantina pasca kepulangan WNI dan WNA dari luar negeri wajib dilakukan di tempat yang sudah ditetapkan, bukan di rumah. Pasalnya di tempat karantina, terdapat pengawasan dan prosedur isolasi yang sudah disesuaikan.

"Semua masuk ke dalam karantina yang sudah ditentukan karena pengawasannya lebih baik, isolasinya lebih baik, tidak di rumah tetapi di tempat-tempat karantina yang sudah ditentukan," pungkas dr Dante.

Simak Video 'Wanti-wanti Luhut, Jangan Kabur Karantina-Liburan ke Luar Negeri':

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Breaking News
×
Menko PMK Cek MTsN 19 Jaksel
Menko PMK Cek MTsN 19 Jaksel Selengkapnya