Rabu, 15 Des 2021 20:50 WIB

Ada-ada Saja, Pria Ini Jual Virus Corona Lewat Situs Web

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Corona Virus test report Stock Image, Test tube Ilustrasi virus Corona. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Richard Maguluko)
Jakarta -

Seorang pria ditangkap karena diduga menjual virus Corona ke orang-orang yang ingin dengan sengaja tertular penyakit tersebut. Unit anti-penipuan Kementerian Keuangan Belanda mengatakan pria tersebut menggunakan situs web yang dibuat khusus untuk transaksi jual-beli cairan dan alat yang berisi virus.

Virus Corona tersebut dijual dengan harga €33,50 atau sekitar 540 ribu rupiah. Tak hanya itu, dari web tersebut si penjual meyakini para pembeli bahwa sampel virus yang dijualnya itu baru dan dicantumkan mutasi atau jenis variannya.

"Apakah Anda ingin memilih kapan terinfeksi virus Corona? Dengan kit Corona ini, Anda dapat menentukan pilihan ini sendiri," bunyi promosi di web tersebut, dikutip dari Express UK, Rabu (15/12/2021).

Berdasarkan surat kabar Belanda, De Telegraaf, alat atau kit tersebut digunakan oleh orang-orang yang ingin sengaja terinfeksi. Virus tersebut akan dikirim melalui pos.

"Tes di GGD (layanan kesehatan kota) pertama-tama positif dan kemudian tak lama kemudian akan negatif lagi," tulis laporan tersebut.

"Dengan sertifikat sembuh dari GGD ini, orang-orang akan memperoleh kembali akses mereka menjalani kehidupan di malam hari tanpa harus vaksinasi," lanjutnya.

Tersangka penjual virus sempat ditahan oleh polisi pada Jumat (10/12/2021) dan dibebaskan pada hari yang sama usai diinterogasi. Web yang digunakan untuk jual-beli virus Corona tersebut juga sudah diblokir.

Meski begitu, juru bicara Kementerian Keuangan mengatakan mereka masih akan terus menyelidiki tentang kasus tersebut. Mereka ingin mengetahui apakah pria tersebut benar-benar menjual virus atau hanya mencari cara untuk menipu banyak orang.

"Penyelidikan lebih lanjut harus menunjukkan apakah dia menjual sesuatu (virus Corona) dan jika demikian benar, berapa banyak dan apakah itu berhasil (dijual)," kata dia.

"Dia (tersangka) ini dituduh melakukan penipuan," imbuhnya.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)