Jumat, 17 Des 2021 07:02 WIB

Catat! 5 Perlengkapan Ini Wajib Dibawa Saat Melahirkan

Sponsored - detikHealth
Ibu Melahirkan Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Bagi Ibu hamil, tas lahiran berisi perlengkapan penting saat melahirkan menjadi salah satu hal yang perlu dipersiapkan menjelang waktu persalinan. Terutama, jika usia kehamilan sudah memasuki trimester ketiga.

Tas ini bisa disiapkan dari jauh hari untuk berjaga-jaga jika ibu hamil harus segera dibawa ke rumah sakit untuk melalui proses persalinan. Akan tetapi, tak jarang ibu hamil masih bingung menentukan perlengkapan apa saja yang harus dikemas, apalagi jika ini merupakan kehamilan pertama.

Dilansir dari HaiBunda, berikut sejumlah perlengkapan yang bisa Anda dan pasangan siapkan untuk dibawa saat melahirkan.

1. Dana dan Dokumen Penting

Dua hal ini merupakan perlengkapan yang tak boleh ketinggalan, terutama dokumen penting seputar informasi asuransi kesehatan atau formulir pendaftaran rumah sakit. Sebab, beberapa rumah sakit perlu mengkonfirmasi formulir Anda sebelum mereka menerima pasien untuk persalinan meski sebelumnya Anda telah mendaftar di rumah sakit tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu membawa dana dalam bentuk uang tunai yang cukup. Misalnya, untuk membeli makanan ringan atau kebutuhan darurat lainnya yang tiba-tiba dibutuhkan setibanya di rumah sakit nanti.

2. Birth Plan

Salinan rencana kelahiran atau birth plan merupakan salah satu perlengkapan yang wajib dibawa saat melahirkan nanti. Penggunaan birth plan ini bisa menjadi hak bagi Anda sebagai pasien agar terlindung dari pengalaman negatif saat melahirkan. Sehingga, Anda dapat mengisi daftar hal apa saja yang diinginkan dan tidak diinginkan dalam proses persalinan, serta mengkomunikasikannya bersama pasangan dan tenaga kesehatan terkait. Nantinya, daftar inilah yang akan menjadi acuan dan membantu proses persalinan Anda.

3. Perlengkapan Bayi

Walau sudah menyiapkan banyak perlengkapan untuk si buah hati yang baru lahir, ada baiknya Anda mengemas barang-barang yang paling penting untuk bayi baru lahir agar tak perlu membawa banyak barang ke rumah sakit. Misalnya, bawalah kain bedong secukupnya, selimut, baju, topi, sarung tangan dan sarung kaki, serta gendongan bayi. Anda juga bisa membawa popok bayi sekali pakai ukuran newborn serta minyak telon untuk si kecil yang baru lahir.

4. Perlengkapan Ibu

Tak kalah pentingnya dengan perlengkapan bayi, ibu juga perlu menyiapkan sejumlah perlengkapan untuk digunakan saat baru melahirkan nantinya. Mulai dari pakaian untuk melahirkan, jaga-jaga jika di tempat melahirkan tidak disediakan pakaian bersalin.

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan pakaian yang mudah digunakan untuk menyusui setelah melahirkan nantinya serta bra menyusui dan breast pad. Penting juga untuk menyiapkan pembalut untuk nifas atau celana untuk lansia. Selain itu, jangan lupa juga siapkan pakaian ganti yang nyaman untuk pulang ke rumah nantinya.

5. Perlengkapan Tambahan

Perlengkapan tambahan ini memang opsional dan bisa ditentukan dulu prioritasnya bersama pasangan. Namun, sejumlah perlengkapan tambahan ini seringkali direkomendasikan sebagai perlengkapan bawaan untuk ke rumah sakit menjelang persalinan demi membuat sang calon ibu lebih nyaman dan rileks. Misalnya, barang seperti alat pijat punggung, minyak pijat, lotion, bola squeeze penghilang stres, atau media hiburan seperti headphone untuk mendengarkan musik yang bikin rileks.

Anda juga bisa menyiapkan bantal dari rumah yang membuat nyaman dan rileks. Selain itu, jangan lupa juga untuk siapkan handphone dan charger agar Anda dapat tetap berkomunikasi dengan anggota keluarga atau kerabat lain yang menantikan kabar kelahiran dari si buah hati.

Kelima perlengkapan di atas bisa Anda siapkan segera bersama pasangan agar siap untuk dibawa ke rumah sakit saat gelombang cinta yang menandakan proses persalinan semakin dekat sudah terasa. Selain kelima hal tersebut, Anda juga bisa menyiapkan suplemen multivitamin dan mineral untuk dibawa, seperti suplemen dari Bundavin. Bundavin adalah suplemen multivitamin dan mineral yang diproduksi oleh PT. Samco Farma untuk ibu hamil dan menyusui.

Bundavin diberikan sebagai tambahan nutrisi untuk menjaga ibu hamil agar tidak sampai kekurangan vitamin dan mineral penting demi menjaga kesehatan janin yang dikandungnya. Selain itu, Bundavin juga bermanfaat memenuhi kebutuhan tambahan vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil dan menyusui, seperti asam folat, zat besi, yodium, serta kalsium.

Suplemen ini bisa diberikan jika asupan nutrisi dinilai belum tercukupi dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil sehari-hari. Terutama untuk ibu hamil trimester pertama yang kerap tidak terpenuhi asupan nutrisinya akibat sering mual dan muntah.

BundavinFoto: Samco Farma

Saat ini, Bundavin bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Bundavin juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative, di nomor 087880779521.

Adapun bagi yang berada di luar Jabodetabek, produk ini bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Hapeel Pharmindo untuk area malang dan sekitarnya, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, dan PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.

Itu dia 5 penting yang wajib dibawa saat melahirkan. Catat apa saja perlengkapan yang dibutuhkan agar jangan sampai ketinggalan dan pastikan untuk selalu penuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang cukup untuk ibu hamil maupun ibu menyusui agar tetap sehat dan anak bisa tumbuh dengan baik.

(Content Promotion/Samco Farma)